Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Orang-Orang di Persimpangan Kiri Jalan: Kisah Pemberontakan Madiun September 1948” as Want to Read:
Orang-Orang di Persimpangan Kiri Jalan: Kisah Pemberontakan Madiun September 1948
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Orang-Orang di Persimpangan Kiri Jalan: Kisah Pemberontakan Madiun September 1948

3.91 of 5 stars 3.91  ·  rating details  ·  297 ratings  ·  26 reviews
History of the Indonesian Communist Party's rebellion in Madiun, 1948 also known as Peristiwa Madiun or Madiun Affair.
Hardcover, 312 pages
Published by Yayasan Bentang Budaya
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Orang-Orang di Persimpangan Kiri Jalan, please sign up.

Be the first to ask a question about Orang-Orang di Persimpangan Kiri Jalan

Community Reviews

(showing 1-30 of 879)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Ika Diyah
“…saya yakin bahwa doa yang terakhir dari anak-anak itu semua adalah untuk kebahagiaan dan kebesaran tanah air yang satu juga “ (Mayor T.B Simatupang)

Petikan diatas masih terasa menyedihkan, walau kita bukan salah satu saksi sejarah carut-marutnya masa pasca kemerdekaan RI hingga pemberontakan PKI tahun 1948 yang menimbulkan banyak pertumpahan darah, aku lebih suka menyebutnya, our civil war, perang antar sesama rakyat Indonesia. Skripsi Soe Hok Gie yang dibukukan ini bisa bercerita banyak tenta...more
Lewi
Buku ini disusun dari bahan skripsi Soe Hok Gie, untuk meraih gelar S1 nya di Universitas Indonesia.

Umumnya buku yang menulis tentang pemberontakan komunis -kata yang menjadi momok menakutkan selama lebih dari tiga dekade - di Indonesia selalu bias dengan pelbagai kepentingan politik dari pemerintah. Komunis selalu digambarkan jahat, atheis, bergelimang darah, sehingga mereka tidak mempunyai hak hidup seperti layaknya seorang manusia biasa. Tetapi disini, Gie mencoba berdiri di pihak netral, seb...more
Baskoro
ini baru buku sejarah!

yang membuat saya berkesan adalah bahwa buku ini adalah suatu karya ilmiah penulis dalam rangka merampungkan pendidikannya di universitas. metode riset yang digunakan dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. wawancara dengan tokoh-tokoh yang terkait langsung memberi bobot tersendiri.

meskipun mungkin terdapat sudut pandang (politik) tertentu, diskusi atau kontroversi yang (mungkin) timbul dari buku ini tetap terbuka (sebagai konsekuensi suatu karya ilmiah).

coba liha judul...more
Desi Puspitasari
Asyik sih enggak. Pusing iya. Aku baru paham bagian per bagian setelah membaca buanyak yang lain. Merajut ulang, mengisi bagian lowong, mindah puzzle yang salah, menggabungkan dengan riset wawancara saksi peristiwa sejarah '48 di Madiun yang masih hidup sampai tahun 2014, dan lain sebagainya.
Rynal may
sebenarnya ini skripsinya gie sih,tapi ternyata ditangannya skripsi ini menjadi karya sastra sejarah yang mengasyikkan,bagaimana tidak? periode pemberontakan PKI Madiun yang menurut bayangan public menyeramkan ditulis dengan enteng olehnya,dan latar belakang yang menyebabkan pemberontakan tersebut dibuat sangat tidak ngejlimet,padahal ini sejarah lho?
mau tau bagian yang paling mengasyikkan?saat Amir Syarifudin ditangkap dan dibawa melalui kereta thats cool..but baca aj deh..biar lebih muantap
Arief Bakhtiar D.
PADA masa Orde Baru, sewaktu saya sekolah dasar, istilah “komunis” menjadi cap buat pemberontak negara dan pembunuh keji (utamanya penyiksaan terhadap para jenderal yang entah diperankan oleh siapa) yang tiap hari-hari tertentu dalam setahun disiarkan televisi.

Di buku-buku sejarah setelah SD, kerap saya baca judul-judul serupa “Pemberontakan PKI di Madiun” yang terjadi pada tahun 1948 atau “Pemberontakan G-30-S/PKI” pada tahun 1965. Kata “PKI”, dengan ideologi komunis di dalamnya, telah melekat...more
Ivan
Pertama kali mendapatkannya dari seorang teman kuliah. Memang saya sudah hunting buku ini sejak pertama kali melihatnya di review goodreads. Untung di kampusku ada temen cewek yang bapaknya suka mengkoleksi buku-buku klasik kontroversial dan mau meminjamkannya padaku.
Tiba-tiba pada tanggal 28 November 2010, sehabis kuliah dia menghampiriku dengan menodongkan sebuah buku. Langsung saja aku sambar buku ini karena sudah sejak lama aku menantinya. Wajar saja buku ini susah dicari, sudah aku ubek u...more
Andi Kuncoro
Dimana ada penghisapan oleh opressor kepada opressed yg biasanya jumlahnya lebih banyak, disitu ada orang-orang berdiri disimpang kiri jalan. Kurang lebih begitu Gie ongin menyampaikan ujung pangkal pemberontakan Madiun 1948. Mulai dari lahirnya SI sampai SI kubu merah yang punya afiliasi secara tidak langsung dengan ISDV. Namun jauh sebelum itu sebenarnya sepanjang dulu kala Bumi Jawa diokupansi Belanda, sudah ada gerakan-gerakan buruh kasar pd sistem feodal. Yakni yang dikatakan sebagai Samini...more
Olivia
Catatan sejarah yang sangat detail dan runut, disertai dengan interpretasi logis. Tesis Soe Hok Gie ini 'memperdalam' cara pandang terhadap gerakan komunis Indonesia. Pada halnya, kalau dari apa yang saya tangkap dan pendapat saya pribadi, gerakan komunis Indonesia tidak pernah secara murni ideologis tetapi lebih karena alasan-alasan politis humanis orang-orang yang berada pada jaman peralihan. Oleh karena itu, mereka bukan di kiri, tapi mereka adalah orang-orang di persimpangan kiri jalan.
Ima -
Nov 19, 2007 Ima - rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: bangsa Indonesia
Shelves: udah-gw-baca
Meski saat itu udah memasuki zaman reformasi, tetapi ketakutan untuk membaca sesuatu yang berbau kiri atau sosialis masih terasa. Saat itu gw dapat bacaan ini bukan dalam bentuk buku, tetapi dalam bentuk lembaran2 fotokopi. Biar gampang diselundupkan kalau ada penggebrekan oleh tentara atau polisi.
Bagus banget nih buku. Terutama bagi yg menginginkan perubahan.
Endah
Aug 22, 2012 Endah is currently reading it
huumm... baca bbrp lembar di bab2 awal buku ini yg terlintas di otak saya adalah shock ... hahhaha .... krn ternyata ada yg saya ga tau or skip or ga jelas lah.. banyak pengetahuan yg akhirnya saya tau di sisi
lain sejarah indonesia..... gie...thanks a lot...
Rahmat Agung Wismoyo
Gie menyajikannya dengan cerdas, akurat dan tertib pada kaidah yang ada... skripsi Soe Hok Gie yang mencoba mengungkap fakta akan tokoh-tokoh dibalik peristiwa madiun 1948. sebuah skripsi untuk S1 yg sulit dicari perbandingannya di saat ini..
Arif nur
Buku ini buku Soe Hok Gie pertama yg kubaca utuh, dan sesuai dugaanku buku yang sekripsi S1 nya Soe Hok Gie ini menjadi semacam cara pandang lain untuk memandang sejarah yang memang tidak akan menjadi sebuah kebenaran tunggal
Fulgentius Nitamanupung
Sebuah catatan sejarah mengenai peristiwa Madiun 1948. Dari sudut pandang pengarang, peristiwa tersebut merupakan puncak akumulasi pertentangan politik paska proklamasi.
dhani  Machfud
Tulisan tajam penuh bumbu idealisme khas Soe Hok Gie,...menyajikan sejarah kelam yang gak pernah dipelajari di buku sejarah sekolah.
I'am philosophia
Skripsi Gie yg dijadikan sebuah buku. Kapan karya sy jg bisa jadi coretan yg bermanfaat. Mana mungkin jika membuatnya saja beloom,,heee
aang ghenthonkz
tanah kelahiranku terima kasih buat soe hok gie yg telah mengungkap semua peristiwa yang ada di madiun
Nasrudin muhammad
koleksi yang ini juga ilang, pas pindahan dari asrama ke kos baru
Purno Wilujeng
book ini membuatku penasaraan coz Q blom membacanya.
Ale Taruih
kok gak ada yang buku yang bisa saya baca ?????

Yankusumawan Taufani
What we can't say, we can't say!
Yuyu
Nov 01, 2010 Yuyu added it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Ferira
i like it..
gieb
Jun 27, 2011 gieb marked it as to-read  ·  review of another edition
baru dapat.
Rudy
Nov 13, 2009 Rudy added it
This review has been hidden because it contains spoilers. To view it, click here.
Putra
Dec 07, 2007 Putra added it
Recommends it for: good
cool
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 29 30 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Ketika Jurnalisme Dibungkam Sastra Harus Bicara
  • Nyanyi Sunyi Seorang Bisu 2
  • Soe Hok-Gie...Sekali Lagi: Buku Pesta dan Cinta di Alam Bangsanya
  • Madilog
  • Orang-Orang Bloomington
  • Mangan Ora Mangan Kumpul
  • Perang Eropa I
  • Pengakuan Pariyem: Dunia Batin Seorang Wanita Jawa
  • Aku Ingin Jadi Peluru (Kumpulan Puisi)
  • Di Bawah Bendera Revolusi
  • Manusia Indonesia (Sebuah Pertanggungan Jawab)
  • Sokola Rimba: Pengalaman Belajar Bersama Orang Rimba
  • Anak Bajang Menggiring Angin
  • Rumah Bambu: Kumpulan Cerpen Pertama dan Terakhir
  • Catatan Pinggir
  • Nusantara: Sejarah Indonesia
659620
Soe Hok Gie (17 Desember 1942–16 Desember 1969) adalah salah seorang aktivis Indonesia dan mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Indonesia Jurusan Sejarah tahun 1962–1969.

Soe Hok Gie menamatkan pendidikan SMA di Kolese Kanisius. Nama Soe Hok Gie adalah dialek Hokkian dari namanya Su Fu-yi dalam bahasa Mandarin.

Ia adalah seorang anak muda yang berpendirian yang teguh dalam memegang prinsipnya dan r...more
More about Soe Hok Gie...
Catatan Seorang Demonstran Di Bawah Lentera Merah: Riwayat Sarekat Islam Semarang Sampai Tahun 1920 Zaman Peralihan Soe Hok-Gie...Sekali Lagi: Buku Pesta dan Cinta di Alam Bangsanya

Share This Book