Ayahku (Bukan) Pembohong
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Ayahku (Bukan) Pembohong

by
4.11 of 5 stars 4.11  ·  rating details  ·  2,820 ratings  ·  359 reviews
Kapan terakhir kali kita memeluk ayah kita? Menatap wajahnya, lantas bilang kita sungguh sayang padanya? Kapan terakhir kali kita bercakap ringan, tertawa gelak, bercengkerama, lantas menyentuh lembut tangannya, bilang kita sungguh bangga padanya?

Inilah kisah tentang seorang anak yang dibesarkan dengan dongeng-dongeng kesederhanaan hidup. Kesederhanaan yang justru membuat...more
Paperback, 304 pages
Published April 2011 by Gramedia Pustaka Utama
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Ayahku (Bukan) Pembohong, please sign up.

Be the first to ask a question about Ayahku (Bukan) Pembohong

Community Reviews

(showing 1-30 of 3,000)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Rahmi Ayu Umami
Saya cuma pengen baca bukunya sampai akhir.
Saya cuma pengen memformulasikan ulang sosok 'ayah' di mata saya.
Ayah, yang selama ini saya menaruh berjuta harapan, namun juga harus menerima kekecewaan dengan jumlah yang sama.
Bagaimana bisa seorang anak bisa mencintai ayahnya, respek padanya, bila di hatinya masih ada sejuta kata yang belum tersampaikan, betapa anaknya menaruh begitu banyak harapan, tentang kasih sayang, cinta, rasa hormat, ketulusan. Dan saya di tengah keterbatasan pengendalian emo...more
Fachriany Umanailo
tiap-tiap orang mungkin punya pandangan yang berbeda-beda....tapi bagiku, dari kesekian buku yg pernah saya baca....baru buku AYAHKU (BUKAN) PEMBOHONG by TERE-LIYE yang sukses membuat saya menitikkan air mata....dari lembar per lembar tanganku tdk pernah mau lepas untuk membaliknya menuntut untuk dibacakan...dan semakin akhir saya membaca...semakin membuat dada saya sesak...seakan-akan ada sesuatu yg mengganjal dan ingin di keluarkan...air mataku tidak dapat terbendung lagi....membuatku menginga...more
Aniq Atiqi Rohmawati
Dengan kesederhanaan hidup bukan berati tidak ada kebahagian, kebahagian ada pada seberapa besar keberartian hidup kita untuk hidup orang lain dan sekitar, yap seberapa besar kita menginspirasi mereka. Kebahagian ada pada hati yang bersih, lapang dan bersyukur dalam setiap penerimaan... that's good Tere Liye
Bunga Mawar
Anggap saja sudah selesai ya.

Memang niatnya sudah stop baca buku pengarang ini, karena saya tidak cocok dengan gaya bercerita yang ditulisnya. Tapi buku ini tergeletak nganggur tidak jelas di tangga masjid, maka saya bawa ke perpustakaan. Tentu saya masih percaya nilai2 kebaikan dan kasih sayang keluarga selalu hadir dalam karya2 pengarang ini.

Namun lagi2, buku Tere-Liye yang ini tidak berhasil membuat saya tekun membacanya dari halaman ke halaman secara berurutan. Saya loncat2 karena sudah lela...more
Wendy Achmmad
Ayah ... aku menangis!"

Dan inilah buku yang kembali membuat aku menangis. Buku yang kembali mengantarkan memori aku pada ayah yang begitu besar jasanya bagi diriku.

Ayah, ceritakan seluruh hidupmu. Aku berjanji untuk mendengarkan! Aku tahu engkaulah pahlawan dalam hidupku. Selamanya!

"Seorang ayah akan selalu memberikan yang terbaik pada anaknya"

Ya, itulah kesimpulan yang bisa diambil dari sebuah buku yang bercerita tentang hal sederhana tapi mendalam.

Aku jadi teringat diri sendiri yang mirip den...more
Rizki Kurnia
Satu lagi karya Tere-Liye yang berlatar kehidupan kanak-kanak. Entah kenapa saya memang lebih suka kisah dari Tere-Liye yang bertema anak-anak, dibandingkan kisah-kisah cinta yang terangkum dalam Senja Bersama Rosie atau Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin. Novel ini mengisahkan seorang anak lelaki bernama Dam yang dibesarkan oleh ayahnya yang senang bercerita. Cerita-cerita yang disuguhkan ayahnya memang bukan cerita biasa, melainkan dapat memotivasi Dam untuk menjadi anak yang berprestas...more
Suzan Oktaria
Dalam sinopsisnya

Kapan terakhir kali kita memeluk ayah kita? Menatap wajahnya, lantas bilang kita sungguh sayang padanya? Kapan terakhir kali kita bercakap ringan, tertawa gelak, bercengkerama, lantas menyentuh lembut tangannya, bilang kita sungguh bangga padanya?

Inilah kisah tentang seorang anak yang dibesarkan dengan dongeng-dongeng kesederhanaan hidup. Kesederhanaan yang justru membuat ia membenci ayahnya sendiri. Inilah kisah tentang hakikat kebahagiaan sejati. Jika kalian tidak menemukan r...more
Dinan Fatimah
Aaaahhh buku ini bener-bener buku bagus.

Ayahku (Bukan) Pembohong sarat dengan nilai-nilai kehidupan. Nilai-nilai yang seorang ayah coba tanamkan kepada anaknya melalui kisah petualangan sang ayah dan dongeng-dongeng. Buku ini menyampaikan tentang kebahagiaan sejati, pengorbanan, keluarga, yang menurut saya penting untuk diketahui calon-calon pembina keluarga. Membacanya membuat pikiran tercerahkan dan membawa perasaan bahagia.

Satu yang membuat saya penasaran, apakah tere-liye mendidik anak-anak...more
Annisa Purnomo
jadi ayahnya gak bohong? huuuaaaa... saya kok jadi ikut ngerasa bersalah, ya?

membaca buku ini dari halaman ke halaman membuat saya mengikik mendapati kebandelan si dam, atau terenyuh saat ibunya pergi dan bapaknya merasa tersinggung. alurnya maju mundur. yang mundur menceritakan tentang kehidupan dam dan cerita-cerita ayahnya di masa lalu. semua di ulas satu persatu sambil kadang kita tersadar dan di kembalikan ke waktu yang sekarang. melihat kemarahan dam karena anak-anaknya di ceritakan semua...more
Icha Ayu
Buku ini adalah buku pertama Tere-Liye yang saya baca dan membuat saya mencari buku-bukunya yang lain. Tere-Liye langsung masuk daftar penulis Indonesia favorit saya :)
membaca buku ini memang membawa saya bertanya-tanya dan membandingkannya dengan dunia nyata. mulai dari sang Kapten sampai beberapa peristiwa yang dieceritakan dalam dongeng saya coba logiskan namun ternyata kita memang hanya perlu berserah pada imajinasi dan mengikuti cerita indah ini dengan penuh penasaran dari lembar ke lembar....more
Stevenziv
Akhirnya selesai sudah membaca Ayahku (Bukan) Pembohong.. Menarik, mengharukan dan memiliki filosofi yang mendalam tenang hidup.. Banyak petuah yang disampaikan melalui dongeng-dongeng yang dipaparkan oleh tokoh ayah dalam novel ini.. Dongeng-dongeng yang diceritakan menjadi inspirasi bagi sang anak untuk terus berjuang, bersikap jujur, bersabar, bersahaja bahkan tetap menjadi inspirasi sang anak (hingga dewasa) meski ia meragukan keaslian cerita tersebut dan menganggap ayahnya berbohong..

Dua ba...more
Heidy Dania
Suka banget sama buku ini.... :')

Buku ini menceritakan seorang anak laki-laki yang mulai membenci ayahnya karna ia berfikir ayahnya adalah seorang pembohong, padahal bagi orang lain ayahnya adalah seorang yg jujur, adil, bijaksana dan baik hatinya. Hanya karna anaknya yang selalu mendengarkan kisah perjalanan hidup ayahnya yang terdengar mustahil untuk dipercaya menggunakan akal sehat.
Cerita pada buku ini sangat insipratif dan banyak pelajaran yang dapat diaplikasikan untuk kehidupan seperti ca...more
Aisha Marta
Terkadang tanpa kita sadari melupakan kebijakan dan kebaikan bapak.
Padahal beliau telah mengajarkan kebijaksanaan hidup pada anak2nya dnegan caranya masing2.
Seperti tokoh ayah dalam novel ini yang mengajarkan kebijaksanaan hidup pada anaknya Dam melalui cerita2 ayah. Dam lalu tumbuh menjadi anak yang baik dan dikenal oleh seluruh kota karena kebaikannya. Namun ketika dia beranjak remaja, dia mulai ragu akan cerita2 ayahnya, bahkan dia menyangka ayah adalah seorang pembohong. Apalagi sejak ibunya...more
Annisa Reswara
Jan 22, 2012 Annisa Reswara rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: Everyone
Seperti biasa, Tere-Liye selalu bisa membuat saya sesenggukan.
Novel Ayahku (Bukan) Pembohong ini mengisahkan tentang cinta ayah pada anak yang ingin anaknya menjadi orang baik, memiliki pemahaman hidup yang berbeda dengan orang kebanyakan. Ayah Dam menceritakan semua pengalaman hidupnya ketika masih muda, dengan tujuan Dam bisa mengambil pelajaran dari itu semua.
Dengan cara sederhana, Tere-Liye mencoba mengatakan bahwa hidup ini sederhana. Tidak melulu tentang harta, kekuasaan, dan ketenaran. Ta...more
...::putri::...
Satu lagi buku dari Tere-Liye.. dengan segala ke-khas-an nya.. selalu menyentuh dan memaksa saya untuk bertanya 'bisakah? atau sudahkah? dan yg lain lagi 'mampukah?'... Buat saya buku yg baik adalah yg mampu mempengaruhi pembacanya untuk mau berubah menjadi manusia yg lebih baik. Dan Tere-Liye dengan semua buku-bukunya mampu membuat saya untuk mau merubah diri menjadi lebih bijak, lebih sabar, lebih sederhana, lebih jujur etc..
Rino Ferdian
Ayah. Entah kenapa ketika membaca novel ini, dari bagian awal, aku sudah memposisikan diriku sebagai seorang ayah kelak. Mungkin karena selama ini aku pun sering mengajak orang-orang di sekelilingku untuk mengikuti ruang imajinasiku berputar sebebas-bebasnya. Membayangkan suatu ketika akan menceritakan berbagai macam hal kepada anak-anakku kelak. Mengajak mereka untuk melihat dunia ini seluas-luasnya.

Ya, Bang Tere lagi-lagi muncul dengan cerita kesederhanaan hidup dalam suatu keluarga. Mengajark...more
Carni Hajr
Judul buku : Ayahku (bukan) pembohong,Penulis : Tele Liye, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jumlah Halaman : 304 Halaman.
Buku yang berjudul Ayahku (bukan) pembohong menceritakan tentang seorang ayah yang senang bercerita tentang berbagai hal. Inilah seorang anak yang bernama Dam berambut keriting yang dibesarkan dengan dongeng-dongeng kesederhanaan hidup.

Dia punya banyak cara dalam menjalani hidup. Dia sering dihukum dengan berbagai hukuman akibat pelanggaran yang dilakukannya di Akademi Gajah...more
fragaria
Sudah sewajarnya kamu merasa hidupmu tidak berarti jika kamu hanya mau melihat hal-hal yang kasat mata. Apalagi jika kamu membanding-bandingkan hidupmu dengan hidup orang lain. Mungkin kamu merasa semua orang di sekelilingmu lebih sukses daripada kamu. Mungkin juga kamu tidak menyadari, bahwa kebanyakan dari mereka yakin, hal yang dinamakan ‘kebahagiaan’ itu sumbernya ada di luar diri mereka dan mereka berebut mendapatkannya.

Padahal, apalah artinya jadi orang kaya, apalah artinya jadi penguasa,
...more
Stefanie
kisah ini adalah tentang Dam; seorang lelaki yang dibesarkan dalam keluarga sederhana; terlebih lagi, ia dibesarkan menjadi seorang lelaki yang baik, berdisiplin, dan bertingkah laku sopan oleh kisah-kisah yang diceritakan oleh ayahnya sejak kecil. umur Dam sudah 40 tahun, dan sudah 20 tahun lamanya ia tidak lagi mempercayai cerita-cerita ayahnya. ketika ayahnya mulai mengisahkan cerita yang sama kepada dua anaknya (Zas dan Qon), Dam kembali teringat pada masa kecilnya.

Dam yang masih kecil tumbu...more
Hadiyatussalamah Pusfa
Aug 06, 2011 Hadiyatussalamah Pusfa rated it 4 of 5 stars
Recommended to Hadiyatussalamah Pusfa by: Nur Afifah
Selaluuu suka sama tulisan-tulisan bang Tere-Liye.

Waktu itu entah kapan, Nur Afifah, room mate saya di bale tiba2 ngetweet sesuatu tentang buku ini. Yah, intinya sih recommended banget untuk dibaca. Dengan segala hal yang terjadi dari mulai sayanya yang ga sempet hunting sampai di toko buku belum adalah, habislah, bukunya ada tapi duitnya belum ada, dan lain-lain, Alhamdulillah kemaren pas ke Togamas nemu!

Niat awalnya, mau dijadiin kado untuk adik saya yang sekarang kelas 6 sd. Karena belum baca...more
Olivinia Qonita
3o Desember 2012. Hari itu saya pergi ke salah satu toko buku terkenal di matraman bersama keluarga. Memang setiap bulannya keluarga kami selalu menyempatkan diri ke toko buku dan kebiasaan itu tertancap kuat sehingga membaca adalah hobi utama saya hingga saat ini. Sebelum pergi ke toko buku, saya terbiasa membuat list buku yang harus dibeli dan hari itu saya membulatkan tekad untuk membeli buku habibie dan ainun karena orang-orang sedang ramai membicarakan tentang kehebatan filmnya.

Saat memaki...more
Salshabeela
Sebuah buku yang mengagumkan. Menyingkap semua ‘ketenaran’ dari kalimat bijak sederhana yang sudah sering terlupakan oleh zaman. Pesan epilog dari buku ini sangat menyentuh hati. Alur cerita yang begitu tersusun dan mudah dimengerti dapat menjadikan sumber inspirasi bagaimana caranya kita mengajarkan kebaikan untuk anak-anak. Saya suka sekali dengan buku ini. Saya berharap bisa mengembangkan imajinasi saya untuk bisa membuat cerita-cerita unik lainnya seperti Ayahnya Dam.
Walaupun begitu, masih a...more
Isnaini Nuri
Satu hal terpenting yang saya dapat dari buku ini adalah tentang "Kesederhanaan"

"Itulah hakikat sejati kebahagiaan hidup, Dam. Hakikat itu berasal dari hati kau sendiri. Bagaimana kau membersihkan dan melapangkan hati, bertahun-tahun berlatih, bertahun-tahun belajar membuat hati lebih lapang, lebih dalam, dan lebih bersih. Kita tidak akan pernah merasakan kebahagiaan sejati dari kebahagiaan yang datang dari luar hati kita. Hadiah mendadak, kabar baik, keberuntungan, harta benda yang datang, pang...more
drg Rifqie Al Haris
Novel ini mengisahkan tentang seorang anak yang bernama Dam yang dibesarkan dengan dongeng-dongeng oleh ayahnya. Ayahnya memang suka sekali menceritakan dongeng dan mengaku bahwa dirinya juga terlibat dalam cerita menakjubkan itu. Lewat dongeng-dongeng itu, sang ayah mengajarkan tentang kesederhanaan hidup, kebahagian dan kasih sayang. Dam yang lambat laun mulai tumbuh dewasa mulai bepikir bahwa dongeng-dongeng itu tidak masuk akal dan hanyalah karangan serta kebohongan ayahnya saja. Dan pada su...more
Edo Christian
Jujur, awalnya kurang tertarik baca buku ini. Ke toko buku rencana nya mau beli whutering heights, malah akhirnya beli buku ini juga.

Cerita diawali di "masa sekarang". Zas & Qon mendengarkan cerita kakek nya. Lalu Dam flashback ke masa anak²nya. Dam menonton pertandingan bola, ribut dengan jarjit, "curhat" ttg rambut keriting, etc.

Tidak melulu menceritakan masa lalu Dam, kadang² balik lg ke "masa sekarang". Lebih sering membahas Zas & Qon yg lg serius mendengarkan kakek nya bercerita.

Mem...more
Ummu Auni
Sebuah kisah sederhana, seorang anak yang dibesarkan dengan kisah-kisah yang diceritakan ayahnya tetapi bila dia menginjak dewasa, dia memilih untuk tidak mempercayai cerita-cerita dongeng ayahnya. Saya kira tema sebenar lebih kepada begitu banyak petualang di dalam kehidupan kita, tetapi kekallah mwnjadi orang yang sederhana, jujur. Biarkan anak sentiasa memandang ibu bapa dengan penuh rasa hormat dan kasih sayang.
Lady_rain
Baru saja menyelesaikan buku ini kemarin...
awalnya tertarik membeli buku ini dengan harapan aku gak akan adu mulut lagi dengan abah ku... ehehe... tapi kyknya ngak ngaruh deh... aku tetep aja ribut.....
dilain pihak... aku lumayan suka buku ini... emh... walaupun cerita awalnya agak membosankan.... dan bergerak lambat... tapi aku puas membaca cerita2 yang disampaikan oleh ayahnya Dam... emmh... membayangkan seperti abah ku sendiri yang cerita... (Padahal aku tau banget klo abahku ngak pernah men...more
Imas
Tere Liye bercerita tentang seorang anak yang dibesarkan oleh sang ayah dengan dongeng, cerita-cerita yang banyak mengandung nilai-nilai kehidupan. Cerita-cerita yang justru menimbulkan kebencian dan tuduhan kebohongan pada si ayah. Pada akhirnya penulis mengambil kesimpulan bahwa kebahagiaan tidak sama untuk semua orang, bahwa kesederhanaan bisa jadi adalah kebahagiaan buat sebagian orang.

Walaupun kadang-kadang terasa ada yang kurang pas dengan logika saya,agak membingungkan gimana gitu. Cerita...more
Mimin Haway
Mendidik anak di era modern ini bisa dibilang gampang-gampang susah.Mereka tidak bisa dibohongi dengan dongeng-dongeng fantasi.Tapi jika maksud dongeng itu baik, untuk membentuk karakter yang baik tentu tidak ada salahnya.

Novel ini menceritakan tentang seorang ayah yang mendidik anaknya melalui dongeng.Meskipun sebenarnya tidak bermaksud berbohong.Tetapi anaknya mengira dia berbohong, karena dongeng-dongeng yang diceritakan seperti tidak masuk akal.

Novel ini mengajarkan agar kita mencintai Ayah....more
A_jeng
Buku yang bagus dan keren. dari keempat novel tere liye yang baru sy baca, buku yang berjudul ayahku bukan)pembohong yang baru bisa membuat saya menitikkan airmata...dihalaman2 awal sampai dengan pertengahan saya belum terlalu terbawa emosi saat membaca buku ini....tapi saat membaca halaman2 terakhir dari buku ini,,,,perasaan saya mulai ikut terbawa dalam alur cerita yg membuat sy akhirnya berulang kali menitikkan air mata. melihat ketulusan ayah Dam , kesederhanaannya, kebersahajaannya dalam me...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 99 100 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Muhammad: Lelaki Penggenggam Hujan
  • Ranah 3 Warna (Negeri 5 Menara, #2)
  • Dalam Dekapan Ukhuwah
  • Ketika Mas Gagah Pergi... dan Kembali
  • Garis Batas: Perjalanan di Negeri-Negeri Asia Tengah
  • Cinta di Dalam Gelas
  • 23 Episentrum
  • Bumi Cinta
  • Supernova: Partikel (Supernova, #4)
  • Negeri van Oranje
  • Sepatu Dahlan
  • Ibuk,
  • Fly to the Sky
  • 99 Cahaya di Langit Eropa: Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa
  • 7 Keajaiban Rezeki
  • Sakinah Bersamamu
  • De Winst
838768

"Jangan mau jadi kritikus buku, tapi TIDAK pernah menulis buku."
More about Tere Liye...
Hafalan Shalat Delisa Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Bidadari Bidadari Surga Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Moga Bunda Disayang Allah

Share This Book

“Hidup harus terus berlanjut,tidak peduli seberapa menyakitkan atau membahagiakan, biar waktu yg menjadi obat” 182 likes
“Penjajah itu tidak tahu kekuatan bersabar. Kekuatan ini bahkan lebih besar dibandingkan peledak berhulu nuklir. Alam semesta selalu bersama orang-orang yang sabar.” 85 likes
More quotes…