Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Cemburu itu Peluru” as Want to Read:
Cemburu itu Peluru
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Cemburu itu Peluru

3.31  ·  Rating Details  ·  97 Ratings  ·  15 Reviews
Twitter membawa buah pikiran baru tentang kreativitas. Ia mengalir pelan dalam 140 karakter, lalu berakhir dengan ledakan dashyat. Ledakan-ledakan meletup di ranah twitter setiap detik. Berbagai komunitas lahir di Twitter. Salah satunya adalah komunitas @fiksimini.

Lima penulis di sini, Erdian Aji, Novita Poerwanto, Oddie Frente, Kika Dhersy Putri, Andy Tantono, adalah ind
...more
Paperback, 160 pages
Published March 2011 by Gramedia Pustaka Utama
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Cemburu itu Peluru, please sign up.

Be the first to ask a question about Cemburu itu Peluru

This book is not yet featured on Listopia. Add this book to your favorite list »

Community Reviews

(showing 1-30 of 153)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
drg Rifqie Al Haris
May 02, 2012 drg Rifqie Al Haris rated it really liked it
Sinopsis
Berawal dari gagasan 140 karakter di Twitter, 5 orang (Erdian Aji, Novita Poerwanto, Kika Dhersy Putri, Andy Tantono, dan Oddie Frente) yang berbeda latar belakang mengembangkannya menjadi cerita superpendek yang disebut fiksimini. Dengan batasan tema cinta dan cemburu (sesuai judulnya: Cemburu Itu Peluru, yang diambil dari salah satu judul fiksimini dalam buku ini), kelimanya menyajikan kisah-kisah mini yang memiliki perspektif cukup luas seluas arti cinta itu sendiri.

Bahkan dengan sebu
...more
Evi Yuniati
Apr 05, 2011 Evi Yuniati rated it liked it
Keren, aku suka ending ceritanya yang ga mudah ditebak. Malah ada beberapa cerita yang aku ga ngerti maksudnya :-) entah karena aku nya yang lemot atau permainan katanya yang ngejebak aku.

Tulisan-tulisan Andy Tantono kebanyakan fiksi horor. Kalo baca di rumah malam-malam dan sendiri pula, bisa bikin parno. Kisah-kisahnya ada kisah percintaan biasa, cinta sesama jenis, ada tentang waria. Pokoknya 5 penulis ini menuliskan cerita-ceritanya dengn permainan kata yang menarik. Salut deh sama penulis-p
...more
Nazta
Mar 22, 2015 Nazta rated it liked it
Bagusnya ketika membaca fiksi mini adalah, cerita yang dituturkan tidak membutuhkan kalimat panjang. Bukan berarti fiksi mini tidak memiliki diksi yang indah, hanya saja cerita-cerita itu dipaparkan secara singkat. Dan bagusnya lagi, beberapa penulis yang ada dalam buku ini menuturkan ceritanya dengan karakter tulisannya masing-masing.

Aku menemukan padanan kata yang cerdas dan tertata rapi, berani, indah, mencekam, dan keseluruhannya memberikan satu dan satu cerita utuh hanya dalam beberapa para
...more
Vanda Kemala
Apr 13, 2014 Vanda Kemala rated it really liked it
Banyak senyum, tapi banyak juga tanda tanya.

Banyak hentakan di hati juga pikiran, tapi banyak pula lipatan di dahi dengan segala rasa bingung.

Setidaknya, itu resiko baca kumpulan flash fiction, menurutku. Ada beberapa yang butuh dibaca ulang demi cari kesimpulan cerita (walaupun ada juga yang tetap bikin bingung), tapi juga banyak tulisan yang bikin terpesona.

Andy Tantono, dengan cerita yang lebih banyak suramnya. Terfavorit, "Den Aksan" dan "Foto Keluarga di Ruang Tamu".

Erdian Anji, tulisannya
...more
Opiezip
Apr 18, 2011 Opiezip rated it really liked it
seru juga...baca ini sehari tuntas...banyak gaya cerita yang baru. Ternyata fiksimini asik juga ya...hehhee
Tara
Mar 07, 2015 Tara rated it liked it
Bukunya dapat hadiah dari kak Dita karena ikut kuis Fiksimini. Sampulnya keren, visualisasinya dapat banget dengan judulnya. Beberapa cerita pembuka pun mampu memukau saya dengan keren. Sayangnya, semakin ke tengah saya semakin merasa bosan. Ada cerita-cerita yang twist-nya mudah tertebak, atau terlalu datar, atau kurang nyambung dengan tema, tapi semuanya tertutupi dengan apik oleh penulis segmen terakhir (kalau tidak salah bang Anji). Jadi saya memberi tiga bintang untuk tiga penulis yang kary ...more
Ferdi
May 12, 2011 Ferdi rated it really liked it
Shelves: fiction-id
Seorang kawan merekomendasi saya untuk membaca buku ini. Ide yang menarik untuk menggabungkan kisah-kisah kecil di dalam satu buku dari lima penulis yang berbeda. Penulis favorit saya adalah Kika Dhersy Putri, yang entah apakah dari pengalaman pribadi atau melalui studi kasus yang sangat brilliant, membawa saya merasakan kepedihan beberapa karakter ciptaannya.

Baiklah, ini adalah daftar fiksi mini dari buku ini yang menjadi favorit saya: Sebatang Rokok yang Jatuh Cinta pada Bibir Penghisapnya - O
...more
Nabila Budayana
May 07, 2011 Nabila Budayana rated it liked it
Shelves: kumpulan-cerpen
Awalnya saya tertarik dengan cover berkalimat "tentang kisah lima hati" dan ingin tahu lebih jauh tulisan2 dari penulis @fiksimini.
Setelah selesai membaca dan menonton film-film pendeknya,menurut saya keduanya sama2 'minim':minim dengan kata. Mungkin ini menyesuaikan dengan konsep @fiksimini yang juga minim dengan kata (baca:140 karakter). Konsep ini sebenarnya menarik untuk saya. Karena pembaca bukan hanya 'didikte' dengan kalimat2 lengkap dan mendetail, tetapi mengajak pembaca 'lebih pintar'
...more
Ryan
Jun 20, 2012 Ryan rated it really liked it
berawal dari suatu komunitas sastra dunia maya bernama fiksimini (tsaelah bahasannya :P) lahirlah lima orang sangat berbakat ini. kelimanya punya ciri khas tulisan masing-masing yang baru keliatan setelah berkali-kali membaca. namun yang ketara adalah tulisan mas Anjiiii yang irit kalimat dan banyak di permainan tulisan, namun tak melupakan content.

buat yang sudah familiar dengan fiksimini, tentunya ga susah mencerna seluruh tulisan yang ada di buku ini. tapi buat yang masih awam, mungkin perlu
...more
Mel
Apr 28, 2014 Mel rated it it was ok
baru dua bulan lalu saya dapatkan buku ini hasil menitip dari seorang teman di twitter. pada cerita pembuka, sudah ada besar harapan mendapat ledakan-ledakan hebat di kepala, tapi ternyata ledakan itu hanya terjadi di beberapa cerita saja dan selebihnya flat. datar.

tapi sebagai kudapan iseng bolehlah.
Vira Cla
Dec 08, 2012 Vira Cla rated it it was ok
Shelves: kumcer
Akhirnyaaa.. setelah setahun lebih, baru bisa menamatkan baca buku ini. Padahal cuma 160 halaman, lho. Hahaha...

Dan, yaa... sedikit review. Pantesan cerita2nya Erdian Aji diletakkan di bagian paling belakang. Karena setengah dari cerita2nya bukanlah CERITA. Coba ya kalau memang mau menulis ya beneran menulis, bukan coret-coret. Pffft..

Untunglah, ada Kika, ada Novita, ada Oddie, ada Andy, yg cukup mampu bercerita. Ya, tidak semua saya suka ceritanya. Beberapa menarik. Beberapa biasa.

Mungkin kare
...more
Sansia
Aug 13, 2011 Sansia rated it really liked it
berawal dari fiksimini 140 karakter di twitter, jadilah sekumpulan cerita pendek (cuma satu atau satu setengah halaman).
pendek. bikin penasaran. rada ngebingungin.
ada satu favoritku. aku lupa judulnya apa. tapi, kalau ga salah itu ditulis sama Erdian Aji. ceritanya tentang anak yang berdoa biar ibunya dikasi kehidupan lagi. rada horror sih. tapi, gatau kenapa, aku suka aja.
hehehe
Masya Ruhulessin
Jul 10, 2013 Masya Ruhulessin rated it really liked it
I love this book :)
Mengangkat hal-hal dan cerita-cerita tak biasa lalu dikemas dalam bentuk FF yang asyik. Serasa hanyut dalam karakter tiap tokohnya.Memang benar, cemburu itu peluru
Dinda Astrida
Nov 02, 2011 Dinda Astrida rated it liked it
Buku ini menurut saya lumayan menarik. Karena kesannya di setiap akhir cerita kita dipaksa untuk menebak-nebak apa maksud kalimat-kalimat yang rata-rata cuma 1-2 halaman dan misterius.
Indah Threez Lestari
503rd - 2011

kumpulan fiksimini yang dikembangkan jadi flash fiction.
Nisa
Nisa marked it as to-read
Jul 29, 2016
Bintang
Bintang marked it as to-read
Jul 19, 2016
Muhammad Arifiansyah
Muhammad Arifiansyah is currently reading it
Jul 19, 2016
Wina Tampubolon
Wina Tampubolon rated it liked it
Jul 13, 2016
Elisa S
Elisa S rated it it was ok
Jun 03, 2016
Rihat
Rihat marked it as to-read
May 11, 2016
May Ramadani
May Ramadani marked it as to-read
May 01, 2016
Hifnia Zafriana
Hifnia Zafriana is currently reading it
Apr 24, 2016
Alfi
Alfi rated it it was ok
Apr 29, 2016
Diah Sally
Diah Sally marked it as to-read
Mar 30, 2016
Inez Izzati
Inez Izzati marked it as to-read
Mar 20, 2016
Faizal Gani
Faizal Gani marked it as to-read
Mar 05, 2016
Raditya Nugi
Raditya Nugi rated it really liked it
Feb 13, 2016
Erwin
Erwin marked it as to-read
Feb 10, 2016
« previous 1 3 4 5 6 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »

Share This Book