Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Kaas” as Want to Read:
Blank-133x176
Kaas
 
by
Willem Elsschot
Rate this book
Clear rating

Kaas

3.57 of 5 stars 3.57  ·  rating details  ·  2,160 ratings  ·  122 reviews
Teks in Nederlands. Aantekeninge in Afrikaans
Paperback, 126 pages
Published February 8th 1991 by Human & Rousseau (Pty) Ltd (first published 1933)
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Kaas, please sign up.

Be the first to ask a question about Kaas

The Discovery of Heaven by Harry MulischDe donkere kamer van Damokles by Willem Frederik HermansThe Assault by Harry MulischMax Havelaar by MultatuliNooit meer slapen by Willem Frederik Hermans
The best Dutch literature
10th out of 273 books — 241 voters
Kaas by Willem ElsschotThe Angel Maker by Stefan BrijsMijn kleine oorlog by Louis Paul BoonLijmen / Het Been by Willem ElsschotThe Lion of Flanders by Hendrik Conscience
Best Belgian books
1st out of 104 books — 15 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 3,000)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Shovelmonkey1
Jul 31, 2011 Shovelmonkey1 rated it 5 of 5 stars  ·  review of another edition
Recommends it for: et tu caseus
Recommended to Shovelmonkey1 by: 1001 books list
Mmmm cheese. What a totally delectable foodstuff. The cheese of choice within this literary morsel (and random surprise left-field 1001 books choice) is Edam. Personally I'm more of a Halloumi or Cave-Aged Gruyere person myself but I guess, much like the 1001 list, there is no accounting for taste. The novella itself is surprisingly Edam-y in outward appearance, a bright red waxy cover surrounding a slim creamy tranche of paper, however the content are to the contrary, quite un-cheesy.

Willem El
...more
ijul (yuliyono)
Demi keju, harapan keju, mimpi keju

Summary:
Aku, Frans Laarmans, adalah seoarng kerani di sebuah perusahaan galangan kapal. Suatu malam, aku harus menemui kenyataan bahwa ibuku harus berpulang ke Surga. Dari prosesi pemakaman, aku dipertemukan dan mengenal Mijnheer van Schoonbeke, yang membukakan pintu usaha baru untukku, berdagang keju. Dengan dukungan istri dan kedua anakku, aku merintis usaha perkejuan itu. Aku membuka lowongan untuk siapa saja di seluruh Belgia dan Luxemburg untuk bekerja pad
...more
Sweetdhee
2011#1
Wah, ga nyangka.. Buku pertama 2011 yg menggelitik keinginan yg lama terpendam..
Hmmm..

Frans Laarman hanya seorang kerani, staf administratif
Merasa karirnya tidak berkembang, padahal kebutuhan keluarga mulai mendesak, maka tawaran tiba-tiba untuk memulai bisnis keju seakan memacu semangat Laarmans.
Dia merasa sangat optimis dan ingin langsung terjun memulai bisnisnya
Dan kekhawatiran istrinya menyebabkan dia mengajukan cuti sakit pada perusahaan tempat dia bekerja, hanya untuk berjaga-jaga..

T
...more
Peter
What a delightful little book and an interesting addition to the 1001 list, in fact I would probably never have even heard of it otherwise. Elsscot true genius is to take such a banal, mundane subject matter as Edam cheese and turning it into something rather more interesting..

Frans Laarmans is a bored shipping clerk who after the funeral of his mother enters into the world of business as a cheese magnate in an attempt to escape his humdrum life and impress his new friends whom he feels inferior
...more
htanzil
Kaas (Keju) adalah roman klasik pendek dari penulis Belgia, Willem Elsschot. Walau kisahnya sederhana namun roman ini termasuk salah satu roman yang mendunia. Sejak diterbitkan tahun 1933 roman ini telah berpuluh-puluh kali dicetak ulang dan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Pada tahun 2008 Kaas kembali mencuri perhatian pecinta buku setelah Dick Matena, seorang ilustrator Belanda, membuat 119 ilustrasi bedasarkan buku ini dan membuatnya menjadi sebuah roman bergambar atau kini dikenal sen ...more
a little faith
My father bought me this as joke. I had long been obsessed by cheese - there was no meal I ate in which it wasn't incorporated or at least served up as a side dish. And indirectly was responsible for introducing me to the wonderful writing of Willem Elsschot. This remains my favourite, maybe because it was the first.

This is humour done at its best. It's witty, it's wry and it's sumptuous in its intricate descriptions of the silliness of human beings. Frans Larmaans is just an extraordinary char
...more
Uci
Seandainya Laarsman bertemu dengan Yoris Sebastian, si creative junkie, pasti dia akan menjadi contoh gagal dari keberanian bertindak out of the box. Keluar dari zona nyaman memang menggairahkan tapi nyatanya tidak semua orang bisa hidup tenang dengan keluar dari zona nyamannya. Akhirnya, mensyukuri apa yang kita miliki menjadi mantera terbaik untuk menjalani hidup yang damai.

Agus Indonesiatulen
sampulnya eye cacthing, ukurannya juga enak digenggam..ergonomis hahaha...pertama ngelihat langsung tertarik pengen beli, baca2 sedikit review di sampul belakangnya membuat saya makin penasaran dengan buku ini ditambah lagi buku ini termasuk karya klasik dari negeri kincir.
kaas ceritanya berkisah seputar kehidupan seorang karyawan perkapalan biasa yang ingin mencoba merubah nasibnya karena merasa karirnya sudah mandek dan kesempatan itu pun datang ketika ada sesorang yang menawarinya untuk menja
...more
an
ge perlu pengantar karena sudah ada sebuah pengantar dalam ripiu sebelah.

langsung ke frans laarsman. orang yang mengerjakan satu pekerjaan selama hidup na dan tiba-tiba diberikan pilihan lain. tantangan kalau boleh dibilang. dan orang yang sudah berada dalam titik jenuh na ini, yang menganggap kerja na sebagai sesuatu yang biasa saja langsung mengambil na.

di sisi lain, acungan jempol untuk frans yang mau mengambil tantangan ini. mari mencoba walaupun ga punya gaya. namun di sisi lain... bagaiman
...more
bakanekonomama
Apa makanan utama orang Barat?

Roti.

Dan ya...

Tentu saja: KEJU.

Jadi, udah pasti dong kalo bahan makanan yang satu ini nggak bakalan ada matinya (kecuali kiamat), karena tiap orang di Barat sono pasti butuh makanan yang satu ini. Yang berarti... Kalo jualan keju nggak mungkin lah ada kata RUGI.

Setidaknya, itulah yang ada di kepala Frans Laarmans ketika memutuskan untuk banting setir dari seorang kerani (semacam pegawai admin gitu) di General Marine and Shipbuilding Compani, menjadi seorang penjual
...more
Jools
Frans Laarmans ist bescheidener Büroangestellter auf einer Antwerpener Schiffswerft. Als er eines Tages zum Vertreter einer holländischen Käsehandelsgesellschaft ernannt wird, verantwortlich für die Gebiete Belgien und Großherzogtum Luxemburg, ist er überwältigt von seinem sozialen Aufstieg. Er lässt sich bei der Werft krankschreiben, richtet zu Hause ein Büro ein und bestellt zehntausend Edamer, vollfett.
Doch das Leben als Geschäftsmann ist nicht so einfach, wie er es sich vorgestellt hat. Erst
...more
Steve
A lightly absurd novella of a man temperamentally unsuited for business going into business, like a Magnus Mills story grounded in the anxieties of middle class realism. Also a masterful piece of understatement in which the humor and the dramatic stakes of events come through in what's not said directly, especially when the narrator's self-knowledge is awkwardly out of sync with the world. When I finished reading, I was disappointed Cheese wasn't longer but not because there was anything missing ...more
Nabila Budayana
Mengubah hal sederhana menjadi bernilai besar adalah kecanggihan dari Willem Elsschot. Ia menemukan jalan cerita, tokoh, emosi serta nilai hanya dari sebuah keju. Keju, menjadi judul pendek sekaligus menjadi tema besar dari buku ini. Bisa jadi karena penulis tak ingin memberikan harapan besar pada pembaca di awal. Namun ketika pembaca sudah melangkah ke halaman-halaman kisahnya, tak diragukan ini bukan buku sembarangan.

Berkisah tentang seorang laki-laki yang mencoba dunia bisnis keju dengan mem
...more
Mischa
De inleiding misleidde mij tot het denken dat ik dit boek al snel weer weg zou leggen. Dat gebeurde ook, maar juist omdat ik het in een paar uurtjes had uitgelezen.
De schrijfstijl was voor mij even wennen, maar al snel was ik verknocht aan de mix van naïviteit en droge (vaak onbedoelde) humor van hoofdpersoon Frans Laarmans, die zijn baan als klerk bij een scheepsbouwbedrijf opzij zet om kaas te gaan verkopen, een aanbod dat simpelweg zijn pad kruiste.
Velen zullen zich afvragen hoe iemand toch
...more
Dian Natalia
Buku ini tentang keju, impian keju, perusahaan keju, melodrama keju, kesengsaraan keju,cobaan keju,angan-angan keju, tembok keju, luka keju, wasiat keju.

Keju!! 5 Bintang untuk cover bukunya yang kuning cerah dengan totol-totol lubang kejunya. Gaya penceritaannya sederhana dan sangat menghibur dengan serpihan humor disana-sini. Bacaan pendek yang menyenangkan!
Penggarang dengan lihai menggambarkan sifat manusia secara jitu melalui tokoh utamanya, Frank.
Frank adalah seorang kerani perusahaan perk
...more
Luc
Goede voornemens 2014: Elsschot herlezen.

"24 chopped heads pronouncing the word "kaas" simultaneaously" is een schilderwerk van Michael Borremans. Zomaar een gratuite associatie om mee te beginnen. Die dan wel duidelijk maakt dat "Kaas" zich op de internationale scene kan meten met de groten. "Kaas" blijft voor mij de beste Elsschot. Hier is het evenwicht in hoofdpersonage Frans Laarmans tussen het groteske van het zakendoen (zoals in Lijmen/Het Been) met de ironisch-gevoelige familiemens (zoals
...more
Andrea Ika
Kaas Keju
No. ISBN 9789792257670
Penulis Willem Elsschot
Penerbit Gramedia Pustaka Utama
Tanggal terbit Mei - 2010
Jumlah Halaman 176
Kategori Drama
Text Bahasa Indonesia ·

Frans Laarmans pegawai biasa. Karena merasa kariernya sudah mandek, ia pun mencoba berbisnis keju. Ia tidak ingin kehilangan pekerjaan utamanya, sehingga saat memulai usaha ini, dengan stok pertama 10.000 keju Edam, ia cuti sakit dari kantor.

Namun berdagang ternyata tidak mudah. Kejunya tidak laku.

Ketika bos kejunya, Mijnheer
...more
Yasdong
Frans Laarmans bekerja sebagai kerani di sebuah perusahaan galangan kapal. Hidupnya beserta istri dan kedua anaknya biasa saja. Hingga dia bertemu Tuan Schoonbeke di pemakaman ibu Frans. Sosialita lajang itu menawarkan Frans ihwal lowongan menjadi pengusaha keju Edam bagi perusahaan Hornstra. Keinginan mengangkat harkat keluarganya membuat dia tidak pikir panjang.

Sayangnya, seperti telah diduga, bisnis keju Frans mengalami kegagalan. Ditipu agen-agennya di Belgia, kemampuan bisnis yang minim, da
...more
Genta Gege
Kaas bercerita tentang Frans Laarmans seorang kerani yang bekerja di semacem pelabuhan gitu. Dia ngerasa kerjaan jadi kerani gitu gitu doang. Disini diceritain kerja jadi kerani itu semacam kerjaan kasta bawah gitu laaah. Laarmans minder secara kakaknya seorang dokter, temen deketnya juga orang terpandang gitu. Suatu hari si Laarmans ini ditawarin buat jadi pedagang, pedagang keju! Disini pedagang itu kastanya lebih tinggi daripada kerja jadi kerani, lebih oke gitu lah. Dengan niatan mau mengang ...more
Brian
A fun light read that helped whittle away a couple of hours on a plane, "Cheese" is more comedy than tragedy concerning a protagonist thrust head-long and ill prepared into the world of capitalism. After finishing the book and reading more about the author (whose family didn't even know he was a writer) it is still pretty impressive that he could pound out this entire story, edit it and have it ready for publication in 2 weeks.
Kingfan30
What a funny little book, all about one of my favorite foods. Had I not had to stop reading for work it would have been a one sitting read (damn work :) !), a very short and easy read, and a great storyline. I think we can all picture someone we know who is like this, it is a great insight into how not to run a business. I had to smile at the part about his mum buying all the cheeses had she sill been alive.
Jolieg G
Het bestaat uit een "inlelding" "personages" en "elementen".
Het echte verhaal begint dan ook op pagina 11.
Het boek heeft 67 pagina,s.

Toen ik met "de inleiding" begon dacht ik "het is maar goed dat het weinig pagina,s bevat.
Maar in het eerste hoofdstuk werd het taalgebruik gelijk heel anders.
Vond het een leuk boek... het gaat over een man, getrouwd en twee kinderen, die van loopbaan wil veranderen. Hij gaat proberen kaas te verkopen.
De "gewone man" komt in contact met de "welgestelden".

Kende de u
...more
Katrina Tan
Bureaucrat.
Dead end job.
Bored.
Thinks he can do better.
Fails miserably.
What's new?
Except that it was written in 1933, and it still resonates...
Nadia Fadhillah
Buku ini gak bisa cuma dibikinkan review.
Buku ini mesti dibuatkan tugas akhir, dijadikan skripsi. Hahaha.
Ismi Persson
Wow, buku setipis ini (173 hal) tapi cukup buat kita untuk menyayangi Mijnheer Laarmans dan semua tokoh-tokoh yang terlibat di Kaas. Karakter Laarmans yang begitu lugu dan naif serta ketidakmauannya terjebak dalam riwayat golongan rendah membuat kita seperti bercermin akan diri kita sendiri yang selalu mencoba membuktikan diri kepada yang lain bahwa Laarmans (atau kita) adalah si hebat yang sukses...
Cerita yang dibuat tahun 1933 ini tampak begitu abadi, tapi sekali lagi, andai saja buku ini tida
...more
Lastvee
Sampul kuning dan buku yang tipis, gara-gara itulah saya membeli buku ini.

Kisah buku berjudul "Keju" ini sederhana. Frans Laarmans, seorang pegawai biasa, yang mencoba berbisnis pada bidang yang sangat tidak disukainya. Tapi dari buku ini, ada banyak hal positif yang bisa diambil.

Satu, janganlah melakukan sesuatu yang tidak mungkin bisa disukai. Dua, buatlah rencana cadangan sebelum melakukan sesuatu yang benar-benar baru. Tiga, fokuslah pada hal-hal yang bisa membuat kemajuan pada apa yang seda
...more
alessandra falca
Piccolo libello, nè brutto nè bello, da leggere in viaggio pensando al formaggio.
Rainbow Hearttaker
ringan dan asyik. 1 jam busa abis...
OceMei Belikova♥
first of all , I like the cover. It's brightly yellow and really looks like a piece of cheese. *hungry*

The book is good but a bit dislike the main character here :D
He has excessive pride that made him finally embarrassed and lose himself.
I like his wife and his son, Jan.
They knew how to react towards Frans Laarmans ,The head of Household.

From this I know, People are never satisfied . I hardly impressed by his wrongdoing to his past job. I mean he pushed himself to sell cheese with huge packet bu
...more
Dani Noviandi
1. Cover KEJU ini lezat. Tahu kan gambar keju-keju yang biasanya ada di kartun Tom & Jerry, kuning dengan lubang-lubang pada keju tersebut. Begitu pula latar belakang cover buku ini, yummy :9
2. Dimensi yang bisa dibilang sebagai “ukuran saku”, apalagi dengan jumlah halamannya yang “hanya” 176 halaman, membuat KEJU ini mudah dibawa, ringan dan juga mudah dibaca di mana pun berada.
3. Sederhana. Itu penampilan cover KEJU ini, dengan gambar seseorang yang memegang dua buah piring berisi keju, ju
...more
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 99 100 next »
topics  posts  views  last activity   
need this novel urgent 2 12 Jul 28, 2013 07:22AM  
Netherlands &...: Ik heb je hulp nodig: novel "Kaas" pagina's 7 33 Apr 30, 2012 06:07AM  
Around the World ...: Cheese 3 20 Jan 29, 2012 09:28AM  
  • Terug naar Oegstgeest
  • Karakter
  • De Uitvreter, Titaantjes, Dichtertje, Mene Tekel
  • Van oude menschen, de dingen, die voorbij gaan..
  • Nooit meer slapen
  • Max Havelaar: Or the Coffee Auctions of the Dutch Trading Company
  • Camera Obscura
  • Kees de jongen
  • De komst van Joachim Stiller
  • Bezonken rood
  • Het verdriet van België
  • Chapel Road
  • De kleine Johannes
  • Dubbelspel
  • De avonden
  • Het verboden rijk
  • Het leven is vurrukkulluk
  • Pallieter
419061
Willem Elsschot is het pseudoniem van Alfonsus Josephus de Ridder, een Vlaamse dichter en schrijver.

Willem Elsschot in de Nederlandstalige Wikipedia

Willem Elsschot in de Digitale Bibliotheek voor de Nederlandse Letteren

Willem Elsschot bij "Schrijversgewijs"

Willem Elsschot is the pseudonym of Alfonsus Josephus de Ridder, a Flemish poet and writer.

Willem Elsschot in the English Wikipedia
More about Willem Elsschot...
Lijmen / Het Been Villa des Roses Het dwaallicht Verzameld Werk Tsjip - De Leeuwentemmer

Share This Book