Negeri Senja: Roman
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Negeri Senja: Roman

3.59 of 5 stars 3.59  ·  rating details  ·  471 ratings  ·  41 reviews
Daftar Isi:

Prolog
Matahari Tidak Pernah Terbenam di Negeri Senja

Bagian 1
Penunggang Kuda dari Selatan
Peristiwa di Kedai
Penginapan Para Leluhur
Rumah Bordil di Padang Pasir
Perempuan dari Balik Cahaya

Bagian 2
Komplotan Pisau Belati
Usaha Pembunuhan Tirana
Tirana, Perempuan Penguasa yang Buta
Kaum Cendekiawan dalam Kegelapan
Suatu Ketika di pasar
Penangkapan Tokoh Perlawa...more
Paperback, 1st ed., 243 pages
Published August 2003 by Kepustakaan Populer Gramedia
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.
Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari
Buku Indonesia Sepanjang Masa
92nd out of 422 books — 1,529 voters
Revelation by Shienny M.S.Chronicle by Shienny M.S.Discord by Shienny M.S.Genesis by Shienny M.S.Fantasy Fiesta 2011 by R.D. Villam
Indonesian Fantasy
53rd out of 116 books — 154 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 742)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
cindy
MATAHARI TIDAK PERNAH TERBENAM DI NEGERI SENJA

Senja seharusnya datang dan pergi. Senja seharusnya indah walau temaram. Senja seharusnya penuh kedamaian walau tak lama. Senja seharusnya.....

Namun di Negeri Senja ini semuanya tidak seperti itu. Senja, walau memukau, ternyata menyembunyikan banyak konflik dan kesedihan. Dan di antara remang-remang senja, SGA menyisipkan banyak pemikiran. Tentang kekuasaan, kekerasan, pembunuhan dan teror. Tentang perlawanan, yang bukan dimulai dari gerakan, namun d...more
Agustina Pringganti
“Aku membayangkan segala sesuatu yang mungkin dibayangkan, dari aroma parfum yang mengabdi kepada kepentingan tubuh dalam percintaan. Siapakah ia yang merasa bisa menggairahkan percintaan dengan segala aroma? Aku tidak melihat sesuatu dan hanya merasakan tubuhnya, aku tidak melihat tubuhnya dan hanya menghirup baunya; kemudian aku mendengar desahnya yang begitu basah, seperti lidah ombak yang terserap pasir, mendesah dan merintih…

Permainan cinta tidak selalu berhubungan dengan peristiwa cinta,...more
Nadia Fadhillah
Oct 20, 2012 Nadia Fadhillah rated it 5 of 5 stars
Recommended to Nadia by: Pandasurya
keren banget buku ini.
sayangnya ini buku pinjem dari mas pandasurya.
padahal tanganku udah gatel banget pengen nyoret-nyoret.

ijin potokopi mas!
upiqkeripiq
Lagi-lagi tentang senja. Tapi kali ini ada sedikit adegan silatnya...

Sudah lama buku ini ada di rak. Semenjak maret tahun lalu... Sampai kemarin ada teman yang tanya sudah baca buku ini belum. Dan liburan kemarin pun saya putuskan untuk membawanya pulang ke rumah buat di baca...

Ceritanya tentang seorang pengembara yang singgah di negeri senja dan mencatat apa saja yang dia alami dan amati disana. Negeri yang cukup unik kerena selalu berada dalam suasana senja. Tapi siapa yang bisa menyangka jika...more
Mona Luthfina Usmani
"Aku masih teringat mayat-mayat yang bergelimpangan di pasar, perempuan-perempuan yang tewas karena menjaga kehormatan."

Cerita tentang suatu negeri bernama Negeri Senja. Negeri yang tak tercantum dalam kota, hanya bisa diketahui dari ucapan-ucapan para pengembara. Negeri yang kelam, sekelam senja yang tak pernah berubah menjadi malam.

"Bukan hanya Negeri Senja yang dikuasai oleh kebisuan dan kegelapan, tetapi juga negeri-negeri dengan matahari terang-berderang tidak memberikan pencerahan bagi ma...more
Taufiq Sudjana
Terima kasih kawan! Aku teringat mimpiku semalam. Aku melihat kau berdiri di ambang senja. Barangkali disana akan kutemukan matahari yang tak pernah terbenam.
Dei sha ta mar
Jan 12, 2008 Dei sha ta mar rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: agnesha, andycka
Serius! Gw bingung banget sama SGA pas pertama kali baca buku ini. Dia bisa ada ide darimana coba bisa buat tulisan kayak gitu. Imajinasinya liar dan keren banget!! Buku imajinatif dan petualangan aseli dari Indonesia, yang gw suka banget!!
Bintang Pramodana
buku yang menceritakan seorang pengembara yang mampir di negri dimana selamanya senja dan matahari seperti tidak mau tenggelam. cerita yang absurd dari negeri khayal yang diciptakan SGA. saya tidak pernah tenggelam dalam ceritanya.
winda
Negeri senja adalah negeri dimana matahari tidak pernah tenggelam, selalu dalam kondisi senja. Negeri dimana segalanya samar-samar... antara gelap dan terang.

sukaa dengan seno yang memiliki daya imajinasi tingkat dewa.
Pipa
khas seno banget
setting waktu senja dan kesan yg muram
tapi seru kok ni buku
karena dah agak lama bacanya, jadi dah agak2 lupa jalan ceritanya
rasa yg timbul pas gw baca buku ini, sama kyk pas baca abarat buku pertama
Mimi
Saya lupa cerita buku ini.
Yang saya ingat, waktu saya membacanya, saya berpikir:

"lebih baik SGA menulis cerpen saja"

Masih bisa dibaca dan dinikmati. Tapi lebih baik SGA menulis cerpen saja.
Rani Saputra
Senja di negeri senja, roman yang kompleks khas gaya seno... Mengurai satu persatu makna yang ditulis membuat saya semakin ingin masuk kecelah negeri senja dan ingin melihatnya sendiri...
A.Maya Purnamasari
Jan 04, 2008 A.Maya Purnamasari rated it 3 of 5 stars
Recommended to A.Maya by: Mato'..
Shelves: my-collection
Terlalu banyak kalimat yang berulang, tidak se'khas' dan se'unik' cerita dan novel SGA yang lain.. Jujur, novel ini kurang wah menurut saya, saya berharap lebih dari seorang SGA..
Aris Azhari
apa yang kamu lakukan saat terjebak dalam sebuah dunia penuh dengan intrik dan tipudaya dimana senja tak pernah memudar?

saat senja menjadi inti dari kata-kata dan aksara
Fika Rachman
Luar biasa, menurutku novel ini mencoba mengkritik sikap pemerintahan Soeharto yang memalsukan demokrasi. Saat jurnalisme dibungkam, sastra harus bicara.
Sylvia
Seno used metaphor in this novel. Describing a world where the sun never sets. I like it. A bit hard to understand but loving every page of it.
Andi
Dec 16, 2009 Andi rated it 4 of 5 stars
Shelves: fiksi
buku yg bagus walau agak sulit dipahami.

(buat seseorang yg minjam buku ini, mohon segera dikembalikan. skripsinya udah selesai kan?).
FiBi
tata bahasanya sebenernya bagus...tapi endingnya kok gitu aja ya? yg namanya Rajawali Muda itu kok nggak muncul2 sampai akhir cerita?
Indah Threez Lestari
567 - 2013

Pinjam dari Pustaka Mangkal Rawamangun.

Jauh, euy... tapi ini memang salah satu buku SGA yang belum saya baca.
incredible LaLa
huah buku yang lumayan lama gw baca..lelah banget ikut perjalan ke negeri senja..bener2 penuh liku dengan makna yang dalam...
Gamaliel
Sep 27, 2007 Gamaliel rated it 4 of 5 stars
Recommends it for: pecinta sastra
Shelves: sastraindonesia
suasana senja yang dibangun, bagiku sangat menarik, sedikit surealis tapi imajinatif......
Sya
Nov 30, 2008 Sya added it
novel pertama yang 'aneh' menurut saya
sebelumnya baca buku yang 'biasa-biasa' aja
Micki
bagus...bagus..bagus.
Negeri antah berantah, penuh fantasi dan misteri.
love it.
Hahn hahn
mantap
satu daru sedikit novel yang saya baca beberapa kali karena saking ramenya
Asep Sambodja
Novel Seno yang menggambarkan Indonesia secara simbolis. Bahasanya indah, dan dalam.
hijaupupus
Ini dia roman fave gue. Gak ada matinya! Perhatikan pemilihan bahasa tiap lembarnya!
OdAnK
very2 great....wlaupun butuh pengulangan tuk memhami
mksudnya mas seno.hahaha
Ula
Nov 05, 2008 Ula marked it as to-read
I am gonna find this book, they said this one is awesome...
Ario
Nanti ya bahas ini. Karena di samping saya ada wanita bawel
dEasy
Dec 09, 2007 dEasy rated it 3 of 5 stars
Recommends it for: seno admirer..
quite hard to understand but that the writer signature..
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 24 25 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Aku Ingin Jadi Peluru (Kumpulan Puisi)
  • Rara Mendut: Sebuah Trilogi
  • Arus Balik: Sebuah Epos Pasca Kejayaan Nusantara di Awal Abad 16
  • Orang-Orang Bloomington
  • Pengakuan Pariyem: Dunia Batin Seorang Wanita Jawa
  • Jalan Tak Ada Ujung
  • Orang-orang Proyek
  • Seribu Kunang-Kunang di Manhattan
  • Anak Bajang Menggiring Angin
  • Parijs van Java: Darah, Keringat, Air mata
  • Hujan Bulan Juni
  • Atheis
  • Kau Memanggilku Malaikat
512651
Seno Gumira Ajidarma is a writer, photographer, and also a film critic. He writes short stories, novel, even comic book.

He has won numerous national and regional awards as a short-story writer. Also a journalist, he serves as editor of the popular weekly illustrated magazine Jakarta-Jakarta. His piece in this issue is an excerpt from his novel "Jazz, Parfum dan Insiden", published by Yayasan Benta...more
More about Seno Gumira Ajidarma...
Sepotong Senja untuk Pacarku: Sebuah Komposisi Dalam 13 Bagian Sebuah Pertanyaan untuk Cinta Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi Jazz, parfum, dan insiden Atas Nama Malam

Share This Book