Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi” as Want to Read:
Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi

3.69  ·  Rating Details  ·  598 Ratings  ·  43 Reviews
Seorang primadona yang memiliki suara emas, sampai-sampai para pria sekampung baik tua maupun muda, tergoda oleh alunan merdu suaranya saat menyanyi di kamar mandi.

Tentu saja, aksi itu menuai protes para perempuan kampung hingga ketua RT terpaksa mengeluarkan peraturan baru: DILARANG MENYANYI DIKAMAR MANDI!

Daftar Isi :

1. “Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi” (2005), ditulis p
...more
Paperback, 132 pages
Published 1995 by Subentra Citra Pustaka
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi, please sign up.

Be the first to ask a question about Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi

Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad TohariNegeri 5 Menara by Ahmad Fuadi
Buku Indonesia Sepanjang Masa
96th out of 495 books — 1,737 voters
9 dari Nadira by Leila S. ChudoriKarena Kita Tidak Kenal by Farida SusantyRobohnya Surau Kami by A.A. NavisSeribu Kunang-kunang di Manhattan by Umar KayamDilarang Menyanyi di Kamar Mandi by Seno Gumira Ajidarma
Kumpulan Cerpen Indonesia Terbaik
5th out of 247 books — 262 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 1,808)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
winda
Aug 04, 2013 winda rated it liked it
Segala sesuatu bisa disebut kebenaran, hanya jika dianut banyak orang.
Cerita pendek dilarang menyanyi di kamar mandi menceritakan seorang perempuan yang mempunyai kebiasaan menyanyi di kamar mandi namun karena kebiasaaanya itu meresahkan masyarakat karena telah menimbulkan imajinasi yang tidak-tidak pada sebagian besar laki-laki di daerah tersebut. Oleh karena itu, perempuan tersebut diminta berhenti menyanyi. Tetapi ternyata imajinasi negatif masih juga mewabah, sampai akhirnya perempuan itu d
...more
Selviana Rahayu
Feb 21, 2013 Selviana Rahayu rated it really liked it
Shelves: pinjam, indonesia, kumcer
Yang Minor, Yang Kalah

Bagaimana jika Anda dilarang menyanyi di kamar mandi dengan alasan suara Anda akan menimbulkan imajinasi yang meresahkan masyrakat di republik ini?

Relakah Anda dilarang menyanyi di kamar mandi hanya karena imajinasi telah membuat banyak orang tidak tahu diri?

Sudikah nasib Anda ditentukan oleh orang banyak tanpa alasan masuk akal tentang suara nyanyian Anda setiap kali mandi?

Mungkinkah Anda hidup dalam masyarakat yang mungkin saja suatu ketika melarang Anda menyanyi di kamar
...more
Iwan
Jul 21, 2012 Iwan rated it liked it
Ketika mandi, sambil gosok gosok badan pakai sabun, ditambah ngunyel nguyel rambut pakai sampo , tentunya sangat asik kalau disambi menyanyikan sebuah lagu, tak peduli apakah suaranya jelek kaya tikus nying nying, atau semerdu penyanyi penyanyi di atas panggung Broadway. Menyanyi di kamar mandi, mempunyai kenikmatan tersendiri sebab kau bisa menyanyi lagu apa pun, dan kalau kau cukup kreatif dan punya imajinasi yang tingi, maka kau bisa berpura pura menjadikan sikat WC menjadi mik, dan gemericik ...more
Frida
Feb 26, 2016 Frida rated it really liked it
Duh, sempat terhenti krn saya tiba2 merasa sudah sampai di titik margin dlm membaca fiksi, lalu saya beralih baca Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain. Baru lanjut baca kumcer ini lagi kemarin. Selain Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi, favorit saya adalah Kriiiingngngng! dan Segi Tiga Emas.
Kerlip Bintang
Mar 10, 2009 Kerlip Bintang rated it liked it
Recommended to Kerlip by: Wikupedia
Shelves: cerpen, sastra, indonesian
Dalam buku kumpulan cerpen ini, aku justru lebih menyukai cerpen "Bayang-bayang Elektra" dan "Kring", meskipun "Dilarang Mandi Di Kamar Mandi" juga bukan berarti saya gak suka.

Hanya, menurutku sih, karena gaya penulisannya yang sama, akhirnya udah agak terasa bosan ketika membaca cerpen yang kelima dan seterusnya.
Mungkin baiknya baca kumpulan cerpen kang seno gumira mah harus cek-clok.

Intinya Kang Seno teh pinter kalo harus mengetengahkan sebuah ide cerita yang sederhana sekali di mata orang lai
...more
Fairynee
Jul 07, 2012 Fairynee rated it liked it
Shelves: short-stories
Cerpen yang menarik adalah cerpen Segi Tiga Emas, karena menggabungkan antara unsur pewayangan dan peristiwa yang faktual. Sementara cerpen Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi sendiri sungguh mengecewakan. Judulnya sangat potensial tetapi isinya di luar ekpetasi saya.
Gamaliel
Sep 27, 2007 Gamaliel rated it liked it
Recommends it for: pecinta sastra
Shelves: sastraindonesia
bahwa pikiran manusia liar itu, tidak bisa dipenjara....
Dion Yulianto
Nov 12, 2012 Dion Yulianto rated it really liked it
Shelves: kumcer
Seperti biasa, Seno memang ngak ada matinya kalau sudah urusan pengamatan tingkah laku sosial keseharian manusia (Indonesia). Kumpulan cerpen yang sudah dicetak ulang u/ ketiga kalinya (yg saya beli seharga 10k) begitu kental dengan cerminannya ttg kondisi di masyarakat. Tentang manusia yg hipokrit, manusia yang terlalu sibuk untuk sekadar menyapa atau mendengarkan karena dalih pekerjaan, istri2 yang menuduh suaminya suka jajan pdhl di rumah mereka tdk pernah dandan dan hanya memakai daster kuce ...more
Sakinah Mariz
Dec 26, 2014 Sakinah Mariz rated it really liked it
Dilarang Menyanyi di kamar mandi memang menggelitik dan sensasional. Tema sosial yang diangkat Seno cukup berhasil menyingkap parodi kehidupan masyarakat. Fakta bahwa perempuan selalu jadi objek seks dan pandangan masyarakat yang menempatkannya dalam jajaran Subordinat.

Wajib baca!
Lilia Zuhara
Dec 12, 2012 Lilia Zuhara rated it really liked it
Kelebihan Seno Gumira ajidarma adalah alegori yang dia lakukan dalam setiap ceritanya. Seno Gumira Ajidarma selalu meletakkan pesan moral dalam ceritanya yang tampak casual dan tampak hanya menjamah sebatas daily life.

Begitupun dengan buku ini. Alegori yang diungkapkan melalui cerita singkat dan merakyat membuat pembaca terseret dalam "kewajaran" yang berusaha diciptakan. "Kewajaran" ini membuat pembaca buku menyerap cerita, tanpa menciptakan ekspektasi mengenai pesan yang akan dibawa, berujung
...more
Deni Oktora
Feb 08, 2015 Deni Oktora rated it really liked it
Senang setengah mati setelah berhasil mendapatkan buku langka ini :)
eti
Jun 01, 2012 eti rated it really liked it
sukab...oh, sukab....

menarik. cerpen2 di dalamnya menunjukkan bagaimana SGA tidak hanya hebat saja tapi juga keren bangettt. hal-hal yang luput dari perhatian kita bisa menjadi tema yang luar biasa di tangan dinginnya. bagaimana SGA ini pinter banget mengolah tema yang sederhana tapi bisa menimbulkan imajinasi kemana-mana. keren lah pokoknya :D

paling suka sama 'segitiga emas'. di cerpen ini dia mengawinkan antara dunia wayang dengan kenyataan. pada dasarnya emang saya suka wayang siy, apalagi la
...more
Adriansah Pratama
Jan 20, 2016 Adriansah Pratama rated it really liked it
Cerpen-cerpen menghibur dan mengajak pembaca berpikir
Rizki Triranti
aku ingin membacanya ,
Maria Noviani
Feb 11, 2014 Maria Noviani marked it as to-read
amazing...
Hendriansah
Apr 19, 2014 Hendriansah marked it as to-read
good
Wicak Hidayat
Oct 01, 2007 Wicak Hidayat rated it really liked it
Shelves: onthe, borrowed
not the binding shown, but the older version. what's inside is basically the same, i guess (as i dont have the current version). anyway, the legendary story is that of the title, it was (so some says) in spirit with indonesia's new-order regime on the time of it's publication. that spirit was opression. as pointed out in the story: a woman singing in the bathroom can bring about implications beyond the confine of that small 1x1 room. one of seno's best compilations.
Adek
Nov 10, 2013 Adek rated it really liked it
Banyak cerpen menyuarakan kaum minoritas yang tertindas, betapa kuat dan digdayanya pemerintah dan mayoritas.

Absurd lalu terkadang rumit. Sentimen agama juga banyak disinggung di kumcer ini, dan akhirnya saya "bertemu" Sukab. Satu nama dengan banyak karakter hebat oleh penulis beken ini. Yang membuat saya terkejut ternyata Sukab sudah lama terkenal bahkan di saat saya masih balita!
Max
Nov 07, 2007 Max rated it it was amazing
Shelves: sudah-lamadibaca
Ini Kumcer Seno Gumira Ajidarma (SGA) yang pertama kali saya baca. Benar2 easy reading dan tidak njelimet banget. Cocok bagi pemula yang kepengen tahu "another style" SGA yang renyah dl luar karya njelimetnya.

untuk review lengkapnya, belum saya tulis di blog buku saya http://maxbooks.wordpress.com. Nanti kalau ada waktu, Insya Allah saya akan tulis resensi lengkapnya. :)
Wikupedia
Jul 22, 2007 Wikupedia rated it it was amazing
sangnat menarik, lucu, satir, kritik, dan bla bla bla bla khas seno gumira...saya dapat buku pertamanya dan itu bagai sebuah anugerah yang menakjubkan...sekarang sih udah punya juga edisi keduanya...yups saya memang sangant fanatik dengan beliau...

paling suka di kumpulan cerpen ini...yang psti dilarang manyanyi di kamar mandi...yang lainnya...wah harus baca2 kagi hehehe
Nenglita
Jul 13, 2007 Nenglita rated it liked it
also great book!
mengisahkan ttg seorang primadona yang memiliki suara emas, sampai2 pria2 sekampung baik tua maupun muda, tergoda oleh alunan merdu suaranya saat menyanyi di kamar mandi..
para perempuan kampung itu memprotes!
hingga ketua RT terpaksa mengeluarkan peraturan baru : DILARANG MENYANYI DIKAMAR MANDI!
Aprijanti
Nov 12, 2013 Aprijanti rated it really liked it
Shelves: kumpulan-cerpen
Sial! Bener-bener sial kalau baru baca buku ini sekarang. :D
Ada yang pernah bilang buku bagus adalah buku yang kamu caci dia dengan sebutan "FUCK!" karena bagusnya. FUCK! Buat Seno Gumira untuk kumpulan cerpen Dilarang Bernyanyi di Kamar Mandi ini.
Hahaha. Saya orgasme, eh wordgasme.
cindy
Jun 18, 2012 cindy rated it liked it
Buku ini aneh. Lha wong orang mandi, mandi sendiri, nyanyi, nyanyi pakai mulut sendiri, suara sendiri. Merdu lagi. Tidak mengganggu siapa-siapa. Kok disebelin. Kalau yang mendengar jadi kepikiran yang 'bagus-bagus', ya tanggung sendiri. Hihihihii......
Ariska Anggraini
Feb 27, 2014 Ariska Anggraini rated it really liked it
Astaga. Bahkan pelacur pun menolak cintaku. Apakah aku mesti mengiris telingaku seperti Van Gogh? sistem niliku guncang. Ternyata masih ada orang punya cinta. Ternyata masih ada orang bodoh. Terlalu !
(ini bagian yg paling saya suka)
incredible LaLa
Sep 26, 2007 incredible LaLa rated it liked it
Recommends it for: evryone!!
Lucu!!!ga nyangka seno bisa lucu juga selain romantis...hehehe...agak hiperbol deh gw..
well,ga segitu lucunya juga sih...agak2 getir dan menyindir..
tapi seru dan menghiburlah..
devie
Nov 07, 2007 devie rated it really liked it
Shelves: indonesian
bukunya Seno yang pertama kali tak baca. disini, saya langsung mengerti kalo Sukab itu pasti muncul. :)

(full review in progress)
Rubenstein
Dec 22, 2009 Rubenstein rated it really liked it
Cerita dalam ini menurut saya cukup jenaka. Terlebih lagi ketika mengingat atau mendengarkan lagu Jamrud, yang bertemakan sama.. hehe...
Tikah Kumala
Dec 09, 2012 Tikah Kumala rated it liked it
Shelves: koleksi-bukuku
Hahahaha...potret lelaki dengan tanpa apapun di kepalanya akan muncul demikian yang tabu-tabu. "Dilarang menyanyi di kamar mandi"
Sab1tha
Aug 06, 2007 Sab1tha rated it it was amazing
can u imagine.... u'r not allowed to sing a song when u take a bath just because of other people fantasy. what the f**k
heri
Aug 26, 2014 heri rated it really liked it
Shelves: punya-baru
ide-ide cerita yang unik, terutama yang 'bayang-bayang elektra' dan 'segitiga emas'
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 60 61 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Orang-Orang Bloomington
  • Rumah Kopi Singa Tertawa
  • Seribu Kunang-kunang di Manhattan
  • Ripin: Cerpen KOMPAS Pilihan 2005-2006
  • Rumah Bambu: Kumpulan Cerpen Pertama dan Terakhir
  • Puisi Mbeling
  • Anak Bajang Menggiring Angin
  • Murjangkung: Cinta yang Dungu dan Hantu-hantu
  • Namaku Hiroko
  • Mata yang Enak Dipandang
  • Sepotong Bibir Paling Indah di Dunia
  • Merahnya Merah
  • Kuda Terbang Maria Pinto
  • Pengakuan Pariyem
  • Pistol Perdamaian: Cerpen Pilihan Kompas 1996
  • Balada Ching-Ching dan Balada Lainnya
  • Arus Balik: Sebuah Epos Pasca Kejayaan Nusantara di Awal Abad 16
  • Mereka Bilang, Saya Monyet!
512651
Seno Gumira Ajidarma is a writer, photographer, and also a film critic. He writes short stories, novel, even comic book.

He has won numerous national and regional awards as a short-story writer. Also a journalist, he serves as editor of the popular weekly illustrated magazine Jakarta-Jakarta. His piece in this issue is an excerpt from his novel "Jazz, Parfum dan Insiden", published by Yayasan Benta
...more
More about Seno Gumira Ajidarma...

Share This Book