Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi ” as Want to Read:
Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi

3.65 of 5 stars 3.65  ·  rating details  ·  521 ratings  ·  39 reviews
Seorang primadona yang memiliki suara emas, sampai-sampai para pria sekampung baik tua maupun muda, tergoda oleh alunan merdu suaranya saat menyanyi di kamar mandi.

Tentu saja, aksi itu menuai protes para perempuan kampung hingga ketua RT terpaksa mengeluarkan peraturan baru: DILARANG MENYANYI DIKAMAR MANDI!

Daftar Isi :

1. “Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi” (2005), ditulis p
...more
Paperback, 132 pages
Published 1995 by Subentra Citra Pustaka
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi, please sign up.

Be the first to ask a question about Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi

Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari
Buku Indonesia Sepanjang Masa
86th out of 452 books — 1,597 voters
9 dari Nadira by Leila S. ChudoriKarena Kita Tidak Kenal by Farida SusantySeribu Kunang-kunang di Manhattan by Umar KayamRobohnya Surau Kami by A.A. NavisKereta Tidur by Avianti Armand
Kumpulan Cerpen Indonesia Terbaik
6th out of 90 books — 154 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 1,295)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
winda
Segala sesuatu bisa disebut kebenaran, hanya jika dianut banyak orang.
Cerita pendek dilarang menyanyi di kamar mandi menceritakan seorang perempuan yang mempunyai kebiasaan menyanyi di kamar mandi namun karena kebiasaaanya itu meresahkan masyarakat karena telah menimbulkan imajinasi yang tidak-tidak pada sebagian besar laki-laki di daerah tersebut. Oleh karena itu, perempuan tersebut diminta berhenti menyanyi. Tetapi ternyata imajinasi negatif masih juga mewabah, sampai akhirnya perempuan itu d
...more
Selviana Rahayu
Yang Minor, Yang Kalah

Bagaimana jika Anda dilarang menyanyi di kamar mandi dengan alasan suara Anda akan menimbulkan imajinasi yang meresahkan masyrakat di republik ini?

Relakah Anda dilarang menyanyi di kamar mandi hanya karena imajinasi telah membuat banyak orang tidak tahu diri?

Sudikah nasib Anda ditentukan oleh orang banyak tanpa alasan masuk akal tentang suara nyanyian Anda setiap kali mandi?

Mungkinkah Anda hidup dalam masyarakat yang mungkin saja suatu ketika melarang Anda menyanyi di kamar
...more
Iwan
Ketika mandi, sambil gosok gosok badan pakai sabun, ditambah ngunyel nguyel rambut pakai sampo , tentunya sangat asik kalau disambi menyanyikan sebuah lagu, tak peduli apakah suaranya jelek kaya tikus nying nying, atau semerdu penyanyi penyanyi di atas panggung Broadway. Menyanyi di kamar mandi, mempunyai kenikmatan tersendiri sebab kau bisa menyanyi lagu apa pun, dan kalau kau cukup kreatif dan punya imajinasi yang tingi, maka kau bisa berpura pura menjadikan sikat WC menjadi mik, dan gemericik ...more
Kerlip Bintang
Mar 10, 2009 Kerlip Bintang rated it 3 of 5 stars
Recommended to Kerlip by: Wikupedia
Shelves: cerpen, sastra, indonesian
Dalam buku kumpulan cerpen ini, aku justru lebih menyukai cerpen "Bayang-bayang Elektra" dan "Kring", meskipun "Dilarang Mandi Di Kamar Mandi" juga bukan berarti saya gak suka.

Hanya, menurutku sih, karena gaya penulisannya yang sama, akhirnya udah agak terasa bosan ketika membaca cerpen yang kelima dan seterusnya.
Mungkin baiknya baca kumpulan cerpen kang seno gumira mah harus cek-clok.

Intinya Kang Seno teh pinter kalo harus mengetengahkan sebuah ide cerita yang sederhana sekali di mata orang lai
...more
Fairynee
Cerpen yang menarik adalah cerpen Segi Tiga Emas, karena menggabungkan antara unsur pewayangan dan peristiwa yang faktual. Sementara cerpen Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi sendiri sungguh mengecewakan. Judulnya sangat potensial tetapi isinya di luar ekpetasi saya.
Gamaliel
Sep 27, 2007 Gamaliel rated it 3 of 5 stars
Recommends it for: pecinta sastra
Shelves: sastraindonesia
bahwa pikiran manusia liar itu, tidak bisa dipenjara....
Dion Yulianto
Seperti biasa, Seno memang ngak ada matinya kalau sudah urusan pengamatan tingkah laku sosial keseharian manusia (Indonesia). Kumpulan cerpen yang sudah dicetak ulang u/ ketiga kalinya (yg saya beli seharga 10k) begitu kental dengan cerminannya ttg kondisi di masyarakat. Tentang manusia yg hipokrit, manusia yang terlalu sibuk untuk sekadar menyapa atau mendengarkan karena dalih pekerjaan, istri2 yang menuduh suaminya suka jajan pdhl di rumah mereka tdk pernah dandan dan hanya memakai daster kuce ...more
Lilia Zuhara
Kelebihan Seno Gumira ajidarma adalah alegori yang dia lakukan dalam setiap ceritanya. Seno Gumira Ajidarma selalu meletakkan pesan moral dalam ceritanya yang tampak casual dan tampak hanya menjamah sebatas daily life.

Begitupun dengan buku ini. Alegori yang diungkapkan melalui cerita singkat dan merakyat membuat pembaca terseret dalam "kewajaran" yang berusaha diciptakan. "Kewajaran" ini membuat pembaca buku menyerap cerita, tanpa menciptakan ekspektasi mengenai pesan yang akan dibawa, berujung
...more
eti
sukab...oh, sukab....

menarik. cerpen2 di dalamnya menunjukkan bagaimana SGA tidak hanya hebat saja tapi juga keren bangettt. hal-hal yang luput dari perhatian kita bisa menjadi tema yang luar biasa di tangan dinginnya. bagaimana SGA ini pinter banget mengolah tema yang sederhana tapi bisa menimbulkan imajinasi kemana-mana. keren lah pokoknya :D

paling suka sama 'segitiga emas'. di cerpen ini dia mengawinkan antara dunia wayang dengan kenyataan. pada dasarnya emang saya suka wayang siy, apalagi la
...more
Rizki Triranti
aku ingin membacanya ,
Maria Noviani
Feb 11, 2014 Maria Noviani marked it as to-read
amazing...
Hendriansah
Apr 19, 2014 Hendriansah marked it as to-read
good
Wicak Hidayat
not the binding shown, but the older version. what's inside is basically the same, i guess (as i dont have the current version). anyway, the legendary story is that of the title, it was (so some says) in spirit with indonesia's new-order regime on the time of it's publication. that spirit was opression. as pointed out in the story: a woman singing in the bathroom can bring about implications beyond the confine of that small 1x1 room. one of seno's best compilations.
Adek
Banyak cerpen menyuarakan kaum minoritas yang tertindas, betapa kuat dan digdayanya pemerintah dan mayoritas.

Absurd lalu terkadang rumit. Sentimen agama juga banyak disinggung di kumcer ini, dan akhirnya saya "bertemu" Sukab. Satu nama dengan banyak karakter hebat oleh penulis beken ini. Yang membuat saya terkejut ternyata Sukab sudah lama terkenal bahkan di saat saya masih balita!
Max
Ini Kumcer Seno Gumira Ajidarma (SGA) yang pertama kali saya baca. Benar2 easy reading dan tidak njelimet banget. Cocok bagi pemula yang kepengen tahu "another style" SGA yang renyah dl luar karya njelimetnya.

untuk review lengkapnya, belum saya tulis di blog buku saya http://maxbooks.wordpress.com. Nanti kalau ada waktu, Insya Allah saya akan tulis resensi lengkapnya. :)
Wikupedia
sangnat menarik, lucu, satir, kritik, dan bla bla bla bla khas seno gumira...saya dapat buku pertamanya dan itu bagai sebuah anugerah yang menakjubkan...sekarang sih udah punya juga edisi keduanya...yups saya memang sangant fanatik dengan beliau...

paling suka di kumpulan cerpen ini...yang psti dilarang manyanyi di kamar mandi...yang lainnya...wah harus baca2 kagi hehehe
Nenglita
also great book!
mengisahkan ttg seorang primadona yang memiliki suara emas, sampai2 pria2 sekampung baik tua maupun muda, tergoda oleh alunan merdu suaranya saat menyanyi di kamar mandi..
para perempuan kampung itu memprotes!
hingga ketua RT terpaksa mengeluarkan peraturan baru : DILARANG MENYANYI DIKAMAR MANDI!
Aprie
Sial! Bener-bener sial kalau baru baca buku ini sekarang. :D
Ada yang pernah bilang buku bagus adalah buku yang kamu caci dia dengan sebutan "FUCK!" karena bagusnya. FUCK! Buat Seno Gumira untuk kumpulan cerpen Dilarang Bernyanyi di Kamar Mandi ini.
Hahaha. Saya orgasme, eh wordgasme.
cindy
Buku ini aneh. Lha wong orang mandi, mandi sendiri, nyanyi, nyanyi pakai mulut sendiri, suara sendiri. Merdu lagi. Tidak mengganggu siapa-siapa. Kok disebelin. Kalau yang mendengar jadi kepikiran yang 'bagus-bagus', ya tanggung sendiri. Hihihihii......
Ariska Anggraini
Astaga. Bahkan pelacur pun menolak cintaku. Apakah aku mesti mengiris telingaku seperti Van Gogh? sistem niliku guncang. Ternyata masih ada orang punya cinta. Ternyata masih ada orang bodoh. Terlalu !
(ini bagian yg paling saya suka)
incredible LaLa
Sep 26, 2007 incredible LaLa rated it 3 of 5 stars
Recommends it for: evryone!!
Lucu!!!ga nyangka seno bisa lucu juga selain romantis...hehehe...agak hiperbol deh gw..
well,ga segitu lucunya juga sih...agak2 getir dan menyindir..
tapi seru dan menghiburlah..
devie
bukunya Seno yang pertama kali tak baca. disini, saya langsung mengerti kalo Sukab itu pasti muncul. :)

(full review in progress)
Rubenstein
Cerita dalam ini menurut saya cukup jenaka. Terlebih lagi ketika mengingat atau mendengarkan lagu Jamrud, yang bertemakan sama.. hehe...
Tikah Kumala
Hahahaha...potret lelaki dengan tanpa apapun di kepalanya akan muncul demikian yang tabu-tabu. "Dilarang menyanyi di kamar mandi"
Sab1tha
can u imagine.... u'r not allowed to sing a song when u take a bath just because of other people fantasy. what the f**k
heri
ide-ide cerita yang unik, terutama yang 'bayang-bayang elektra' dan 'segitiga emas'
Andri
Ini jg Seno at his best. Kumpulan cerpen yang sederhana, tapi menggelitik dan menyindir.
Rima Muryantina
My least favourite Seno Gumira's short story collection. But still, it's worth reading.
FiBi
Lucu, kepikiran gitu ada orang bersuara emas sampai dilarang nyanyi...hahahaha
Tirta Rosamtuka
dilarang berpikir mesum jika sedang ada yang menyanyi di kamar mandi
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 43 44 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Rumah Kopi Singa Tertawa
  • Seribu Kunang-Kunang di Manhattan
  • Anak Bajang Menggiring Angin
  • Rumah Bambu: Kumpulan Cerpen Pertama dan Terakhir
  • Arus Balik: Sebuah Epos Pasca Kejayaan Nusantara di Awal Abad 16
  • Orang-Orang Bloomington
  • Namaku Hiroko
  • Mata yang Enak Dipandang
  • Hujan Bulan Juni
  • 9 dari Nadira
  • Puisi Mbeling
  • Sepotong Bibir Paling Indah di Dunia
  • Kuda Terbang Maria Pinto
  • Mereka Bilang, Saya Monyet!
  • Bidadari Yang Mengembara
  • Bilangan Fu
  • Merahnya Merah
  • Pengakuan Pariyem: Dunia Batin Seorang Wanita Jawa
512651
Seno Gumira Ajidarma is a writer, photographer, and also a film critic. He writes short stories, novel, even comic book.

He has won numerous national and regional awards as a short-story writer. Also a journalist, he serves as editor of the popular weekly illustrated magazine Jakarta-Jakarta. His piece in this issue is an excerpt from his novel "Jazz, Parfum dan Insiden", published by Yayasan Benta
...more
More about Seno Gumira Ajidarma...
Sepotong Senja untuk Pacarku: Sebuah Komposisi Dalam 13 Bagian Sebuah Pertanyaan untuk Cinta Jazz, parfum, dan insiden Negeri Senja: Roman Atas Nama Malam

Share This Book