Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Surat dari Palmerah: Indonesia dalam Politik Mehong: 1996-1999” as Want to Read:
Surat dari Palmerah: Indonesia dalam Politik Mehong: 1996-1999
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Surat dari Palmerah: Indonesia dalam Politik Mehong: 1996-1999

3.92  ·  Rating Details ·  84 Ratings  ·  15 Reviews
Paperback, 287 pages
Published April 2002 by Kepustakaan Populer Gramedia
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Surat dari Palmerah, please sign up.

Be the first to ask a question about Surat dari Palmerah

Community Reviews

(showing 1-30)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Pandasurya
Mbak,
Lihatlah langit senja yang keemasan di atas sana, dengan sepuhan warna ungu di tepian mega-mega yang berarak seperti bentangan permadani—lihatlah bagaimana langit perlahan-lahan semburat membakar, menjadi jingga yang menyala, sebelum akhirnya menggelap sama sekali menyisakan sisa cahaya yang gemetar....

Setetes embun menetes dari daun, jatuh di atas kolam yang segera berpendar dalam keheningan pagi.
(SGA, Surat dari Palmerah, h. 283)

Demikianlah guru SD kita di bawah pohon itu berkata: “Dudu
...more
winda
Aug 11, 2013 winda rated it really liked it
Jakarta, Minggu Pahing 11 Agustus 2013

Bung,
Membaca surat-surat Bung dari Palmerah menyadarkan saya bahwa saya orang bodoh yang tidak tahu apa-apa, betapa saya tidak mengerti sama sekali cerita perwayangan apalagi jika kisah-kisah wayang tersebut dikaitkan dengan kehidupan perpolitikan. Juga beberapa istilah yang Bung bilang diajarkan oleh guru SD. Betapa beruntungnya Bung, sudah berfikir dan berwawasan luas semenjak dari SD. sementara saya, telah lulus dan bekerja baru saya kenal istilah-istilah
...more
eti
May 18, 2012 eti rated it really liked it
#27 - 2014

ada begitu banyak penulis kolom di Indonesia. setelah saya dibuat terpingkal-pingkal dengan kolom mangan ora mangan kumpul-nya Umar Kayam, lalu menikmati kolom perjalanan spiritualnya Danarto dalam Orang Jawa Naik Haji, kemudian tulisan-tulisannya Bre Redana di kolom kompas minggu. selanjutnya Seno Gumira Ajidarma menarik perhatian saya dengan Surat Dari Palmerah-nya.

membaca Surat dari Palmerah ini, saya jadi penasaran buku apa saja yang dilahap SGA. dia begitu fasih mengulas kehidupan
...more
Andri
Oct 11, 2008 Andri rated it it was amazing
Ini salah satu buku favorit gw. Kalo buku-buku mas Seno yg lain boleh diminta.. yg ini gak boleh.. hehehe..

Kumpulan tulisan yang tadinya dimuat di majalah Jakarta-Jakarta, tentang politik, yang dipoles dengan kacamata seorang urban. Menarik. Ditambah lagi dengan berbagai gambar bungkus-bungkus produk yang emang koleksi pribadinya mas Seno.
Mita
Apr 07, 2008 Mita rated it it was amazing
Recommends it for: your mummy & daddy... ;)
Uhuhuhuhu... penyajiannya sangat...sangat keren!!! Dengan gambar2 dan foto2 jadoel, sejadoel Palmerah hehehehe...


Membawa kisah2 yang sangat penting tapi dengan cara yang jenaka dan unik!

Malah kurasa buku ini bisa jadi smacam arsip dokumentasi perjalanan peristiwa sosial, politik, budaya, ekonomi, dll di Jakarta or Indonesia?!?
Anggi Hafiz Al Hakam
Aug 01, 2008 Anggi Hafiz Al Hakam rated it it was amazing
Beginilah Indonesia, Bung! dalam keadaan politik, sosial, dan keamanan yang tidak menentu. Ditambah lagi Si Sukab ikut-ikutan pake dagang kaos segala.

Bagaimanapun, Sukab turut mengajari saya untuk punya helikopter. Bukan untuk membawa saya melintasi kemacetan Jakarta. Tetapi, justru untuk mengontrol sawah. Hahaha
Leksa
Apr 26, 2008 Leksa rated it it was amazing
Recommends it for: everyone
Setelah mencari sekian lama, (sebenarnya ga sempat nyari2 amat sih..) akhirnya bisa baca buku ini,..

buat saya cukup menceritakan sebuah proses dari reformasi, hingga sinisme setelah reformasi..
Yang saya suka : sangat indonesia, wayang sekali, filosofis praktis. Pesan dan moral dari esai-esai khas Seno disini, ternyata sama saja menggambarkan kondisi sekarang-sekarang... 5 star..
Nokturno
Jun 10, 2009 Nokturno rated it really liked it
isinya berupa lembar-lembar surat, yang tiap lembarnya mengomentari akan suatu kejadian atau fakta bangsa.
Dihiasi dengan cover-cover majalah JakartaJakarta dari tahun ke tahun, serta iklan-iklan jaman dulu.

cool!

A.Maya Purnamasari
Jan 02, 2008 A.Maya Purnamasari rated it it was amazing
Shelves: my-collection
Tulisan2 SGA di Majalah Djakarta..
Duet bersama Sukab.. hehe..
Wikupedia
Jul 22, 2007 Wikupedia rated it it was amazing
belum sempat baca...maaf tapi bukunya udah punya (walah kok sombong hehehe)
Ali
Mar 02, 2013 Ali rated it liked it
segar, ringan dan nyentil, mirip capingnya GM di tempo
Indah Threez Lestari
Nov 21, 2008 Indah Threez Lestari rated it really liked it
50th - 2011
hijaupupus
Jun 25, 2007 hijaupupus rated it it was amazing
Recommends it for: all
Shelves: confeito
Keren... kayak baca sejarah, tapi nggak membosankan. Seperti makan gula-gula dengan aneka rasa dan warna di dalam satu stoples. Banyak tahu - tahu banyak.
Wihambuko
May 27, 2014 Wihambuko rated it it was amazing
Salah satu buku nonfiksi terbaik Indonesia sepanjang masa.
Maulida Raviola
sejauh ini:
SGA? Maknyus! :)
Nike
Nike rated it liked it
Dec 08, 2008
Fauzy Dzulfiqar
Fauzy Dzulfiqar rated it really liked it
Jun 14, 2013
Yudhi Herwibowo
Yudhi Herwibowo rated it really liked it
Jun 10, 2016
Puji Raharjo
Puji Raharjo rated it it was amazing
Apr 08, 2012
Rizky
Rizky rated it liked it
Dec 23, 2011
Its
Its rated it really liked it
Feb 08, 2009
sawung
sawung rated it really liked it
Mar 06, 2016
Muhammad Meisa
Muhammad Meisa rated it liked it
Sep 24, 2012
Panata Harianja
Panata Harianja rated it really liked it
Mar 10, 2008
A B
A B rated it really liked it
Jan 06, 2015
Marga
Marga rated it it was amazing
Jun 08, 2014
M.
M. rated it it was ok
Aug 30, 2007
Fatima Jauhari
Fatima Jauhari rated it liked it
Mar 01, 2011
Meea
Meea rated it liked it
Dec 04, 2008
Irwan Bajang
Irwan Bajang rated it it was amazing
Jun 08, 2009
« previous 1 3 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
512651
Seno Gumira Ajidarma is a writer, photographer, and also a film critic. He writes short stories, novel, even comic book.

He has won numerous national and regional awards as a short-story writer. Also a journalist, he serves as editor of the popular weekly illustrated magazine Jakarta-Jakarta. His piece in this issue is an excerpt from his novel "Jazz, Parfum dan Insiden", published by Yayasan Benta
...more
More about Seno Gumira Ajidarma...

Share This Book