Dunia Sukab: Sejumlah Cerita
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating

Dunia Sukab: Sejumlah Cerita

3.56 of 5 stars 3.56  ·  rating details  ·  320 ratings  ·  29 reviews
Paperback, 160 pages
Published June 2001 by Buku Kompas
more details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Dunia Sukab, please sign up.

Be the first to ask a question about Dunia Sukab

Community Reviews

(showing 1-30 of 458)
filter  |  sort: default (?)  |  rating details
Toffan Ariefiadi
Judul: Dunia Sukab
Penulis: Seno Gumira Ajidarma
Cetakan: Juni, 2001
Penerbiit: PT. Kompas Media Nusantara
Tebal: x + 162 halaman


Masih dari hasil merampok perpustakaan besar kota Tegal.

Pertama kali saya mengenal Sukab adalah ketika pertama kali saya tahu tentang seorang Seno. Saya dikenalkan kepada Sukab lewat cerita 'Sepotong Senja untuk Pacarku'. Sukab adalah seorang yang sederhana, jujur, puitis (tentu saja), apa adanya, dan menurut saya Sukab adalah lelaki paling romantis. Sekitar tahun 2007 say...more
Tirta Rosamtuka
sukab, asu kabeh! satu-satunya tokoh yang ditulis pada sastra indonesia modern yang benar-benar hidup, menurutku.
Anita Oktomia
Sukab muncul dalam berbagai wajah dengan berbagai karakter. Dia bisa jadi siapa saja, dia bisa jadi salah satu dari kita. Atau justru Sukab adalah kita?
Seno Gumira Ajidarma tidak perlu dipertanyakan lagi kepiawaiannya dalam meramu cerita. Kenapa Sukab? Semata-mata karena Seno malas mengarang sebuah nama.
Buku ini sangat menyenangkan hingga saya ikut merasa "laris manis tanjung berkimpul-kimpul".

www.anitaoktomia.wordpress.com
upiqkeripiq
“Ceritakanlah padaku tentang kesetiaan,”kata Upik kepada tukang cerita itu. Maka, tukang cerita itu pun bercerita tentang sepatu. - Sukab dan Sepatu

cerpen pertama dalam kumpulan cerpen ini layak untuk disimak. Gaya berceritanya masih agak lain dari cerpen-cerpen SGA yang kebetulan sudah saya baca. Saya merasakan sebuah pencarian disitu. Cerpen itu dimuat di harian Kompas tahun 1984. 8 tahun sebelum saya dilahirkan. Dan saya baru membacanya 29 tahun kemudian :)
Nelly
Inilah buku yang membuat saya jatuh cinta dengan penulisnya. Sebuah kumpulan cerpen yang cerdas dan sangat humanis, bagi saya.

Dengan memakai satu nama tokoh, Sukab, Seno bisa menggambarkan beragam ketidakadilan, kebodohan, dan kelalaian yang dilakukan manusia. Bagi saya kumpulan cerpen ini seperti kenyataan yang difiksikan. Karenanya, saya benar-benar tersentil dengan tulisan-tulisan di dalamnya.
Anggraeni Purfita Sari
wow!
itu kata pertama yang keluar dari mulut saya setelah menyelesaikan buku ini. semua nama tokoh di kumpulan cerpen ini sukab, dan sukab bisa jadi apa saja, dan siapa saja di tangan seorang seno gumira walaupun sepertinya saya belum pernah melihat nama sukab dipakai oleh orang lain di kehidupan nyata, haha
A.Maya Purnamasari
Banyak cerita tentang Sukab, bahkan ada serba serbi sukab: asal usul sukab..
“Kata orang kamu yang namanya Zino Gumiro Azi Darmo? Kata orang kamu yang bikin antologi Dilarang Bersiul Di Kamar Mandi? Kata orang Protagonist semua cerita itu bernama Sukab? Kata orang di semua ceritera itu kamu ngenye’ Sukab?”
Mila Miladia
Pengarang yang satu ini punya seorang tokoh yang dia selalu andaikan, Sukab namanya… Sukab ini profesinya apa saja…dan bisa jadi apa saja… seperti manusia yang hidup dalam suatu masyarakat.. selalu menarik untuk diikuti… atau mungkinkah kita ini juga pernah menjadi Sukab?
Vivi
Aug 23, 2007 Vivi rated it 4 of 5 stars
Recommends it for: everyone whoe like SGA's
Sedikit lupa dengan ceritanya. Karena sudah baca bertahun2 yang lalu. Tapi yang sangat gue ingat, semua tokoh dari kumpulan cerita pendek ini adalah "Sukab". Gak tau kenapa dan siapa sebenerya "Sukab" yang membuat Mas SGA sering pake nama itu...Hmmmm interesting....
Anggi Hafiz Al Hakam
Kita tidak selalu harus pergi ke Paris untuk tahu apa itu bahagia. Dalam salah satu cerpen di buku ini begitulah Seno berkata.
Banyak cerita yang dialami Sukab didalam dunianya. Anehnya, semuanya juga persis seperti yang pernah kita alami di dunia kita.
Rynal may
sebenarnya ini cuma kumpulan cerpen dari seno gumira,tapi seno tetaplah seno apapun yang ditulis olehnya tetap selalu menarik dan mengiriskan bagi siapapun yang membacanya
Gamaliel
Sep 27, 2007 Gamaliel rated it 4 of 5 stars
Recommends it for: pecinta seno
Shelves: sastraindonesia
cerita tentang sukab yang mempertanyakan hidup dan pekerjaannya..... menggugah kita untuk mempertanyakan: UNTUK APA ta, yang selama ini kita lakukan?.....
Rahmadiyanti
Suka Seno, diksinya kuat tapi nggak "ngawang-ngawang". Tapi kumcer yang ini, hmm... nggak terlalu berkesan.
Lani Thong
Selalu suka dengan gaya menulis SGA, sastra yang lugas dan juga sarat makna.
Reza Firdaus
Kemahiran SGA melahirkan karakter, karakter yang rumit tetapi sederhana.
Hanif
Oct 23, 2012 Hanif added it
Shelves: malay-indo
just found this book, given by an Indonesian friend. gonna re-read.
kinu triatmojo
Saya suka cerpen Foto Keluarga di kumpulan cerita Dunia Sukab ini.
 Δx Δp ≥ ½ ħ
wew.. satu²nya buku lokal yg dibaca di bulan ini :P
an
sukap benget mang...
semua sukap, n ending na juga sukab
:0
rossi awan
taunya malah dari wordpress nya seno. Khas seno bgt.
Ula
Nov 05, 2008 Ula marked it as to-read
This one is also recommended by a friend...
Wikupedia
saya sampe namain motor saya....sukab!!!!
Wiji Suprayogi
si sukab ni emang ada di mana-mana ....
Ika Anggraeni
my less fav piece from Seno
Yenny Rosa
Sukab = Suka Banget :)
FiBi
keren...ada Perempuan Preman
Juno 1101
masih seno banget !!
Adelita
Dec 06, 2007 Adelita rated it 5 of 5 stars
Recommends it for: pecinta sastra
Sukab...Maha Lakon
hijaupupus
Jun 25, 2007 hijaupupus rated it 3 of 5 stars
Recommends it for: all
Shelves: confeito
Still reading....
Nurur Rochmatin
Nurur Rochmatin marked it as to-read
Aug 11, 2014
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 15 16 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Seribu Kunang-Kunang di Manhattan
  • Sepotong Bibir Paling Indah di Dunia
  • Canting
  • Pohon Pohon Sesawi
  • Olenka
  • Jantera Bianglala (Dukuh Paruk, #3)
  • Pengakuan Pariyem: Dunia Batin Seorang Wanita Jawa
  • Panggil Aku Kartini Saja
  • Gadis Kretek
  • Malam Terakhir: Kumpulan Cerpen
  • Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
  • Anak Bajang Menggiring Angin
  • Bilangan Fu
  • Hujan Bulan Juni
512651
Seno Gumira Ajidarma is a writer, photographer, and also a film critic. He writes short stories, novel, even comic book.

He has won numerous national and regional awards as a short-story writer. Also a journalist, he serves as editor of the popular weekly illustrated magazine Jakarta-Jakarta. His piece in this issue is an excerpt from his novel "Jazz, Parfum dan Insiden", published by Yayasan Benta...more
More about Seno Gumira Ajidarma...
Sepotong Senja untuk Pacarku: Sebuah Komposisi Dalam 13 Bagian Sebuah Pertanyaan untuk Cinta Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi Jazz, parfum, dan insiden Atas Nama Malam

Share This Book