Goodreads helps you keep track of books you want to read.
Start by marking “Dunia Sukab: Sejumlah Cerita” as Want to Read:
Dunia Sukab: Sejumlah Cerita
Enlarge cover
Rate this book
Clear rating
Open Preview

Dunia Sukab: Sejumlah Cerita

3.60  ·  Rating Details  ·  358 Ratings  ·  32 Reviews
Paperback, 160 pages
Published June 2001 by Buku Kompas
More Details... edit details

Friend Reviews

To see what your friends thought of this book, please sign up.

Reader Q&A

To ask other readers questions about Dunia Sukab, please sign up.

Be the first to ask a question about Dunia Sukab

Laskar Pelangi by Andrea HirataBumi Manusia by Pramoedya Ananta Toer5 cm by Donny DhirgantoroNegeri 5 Menara by Ahmad FuadiRonggeng Dukuh Paruk by Ahmad Tohari
Buku Indonesia Sepanjang Masa
181st out of 486 books — 1,704 voters
9 dari Nadira by Leila S. ChudoriKarena Kita Tidak Kenal by Farida SusantyRobohnya Surau Kami by A.A. NavisSeribu Kunang-kunang di Manhattan by Umar KayamDilarang Menyanyi di Kamar Mandi by Seno Gumira Ajidarma
Kumpulan Cerpen Indonesia Terbaik
123rd out of 219 books — 228 voters


More lists with this book...

Community Reviews

(showing 1-30 of 541)
filter  |  sort: default (?)  |  Rating Details
Toffan Ariefiadi
Oct 22, 2011 Toffan Ariefiadi rated it really liked it
Shelves: perpustakaan
Judul: Dunia Sukab
Penulis: Seno Gumira Ajidarma
Cetakan: Juni, 2001
Penerbiit: PT. Kompas Media Nusantara
Tebal: x + 162 halaman


Masih dari hasil merampok perpustakaan besar kota Tegal.

Pertama kali saya mengenal Sukab adalah ketika pertama kali saya tahu tentang seorang Seno. Saya dikenalkan kepada Sukab lewat cerita 'Sepotong Senja untuk Pacarku'. Sukab adalah seorang yang sederhana, jujur, puitis (tentu saja), apa adanya, dan menurut saya Sukab adalah lelaki paling romantis. Sekitar tahun 2007 say
...more
Steven S
Nov 10, 2014 Steven S rated it liked it
Dunia Sukab adalah salah satu dari dua buku kumcer SGA yang saya baca untuk pertama kali. Saya sendiri baru ngeh ada nama Sukab, bukankah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali mengenal Sukab ini.


Overall saya suka dengan tulisan, cerita SGA disini. Enak, mengalir, namun di satu sisi kurang menimbulkan rasa mengguggah jika saya bandingkan dengan Ahmad Tohari misalkan.

Salah satu yang terlihat disini adalah SGA piawai dalam membawakan pembaca sebuah cerita yang bisa dibilang menyentuh aka
...more
Tirta Rosamtuka
Jul 20, 2010 Tirta Rosamtuka rated it really liked it
sukab, asu kabeh! satu-satunya tokoh yang ditulis pada sastra indonesia modern yang benar-benar hidup, menurutku.
Anita Daniel
Aug 13, 2014 Anita Daniel rated it really liked it
Sukab muncul dalam berbagai wajah dengan berbagai karakter. Dia bisa jadi siapa saja, dia bisa jadi salah satu dari kita. Atau justru Sukab adalah kita?
Seno Gumira Ajidarma tidak perlu dipertanyakan lagi kepiawaiannya dalam meramu cerita. Kenapa Sukab? Semata-mata karena Seno malas mengarang sebuah nama.
Buku ini sangat menyenangkan hingga saya ikut merasa "laris manis tanjung berkimpul-kimpul".

www.anitaoktomia.wordpress.com
Sakinah Mariz
Dec 26, 2014 Sakinah Mariz rated it really liked it
Sukab, lagi-lagi tokoh yang mencuat dengan segala paradoks yang terjadi dalam kehidupan. Menarik!
upiqkeripiq
Mar 30, 2013 upiqkeripiq rated it it was amazing
Shelves: punya
“Ceritakanlah padaku tentang kesetiaan,”kata Upik kepada tukang cerita itu. Maka, tukang cerita itu pun bercerita tentang sepatu. - Sukab dan Sepatu

cerpen pertama dalam kumpulan cerpen ini layak untuk disimak. Gaya berceritanya masih agak lain dari cerpen-cerpen SGA yang kebetulan sudah saya baca. Saya merasakan sebuah pencarian disitu. Cerpen itu dimuat di harian Kompas tahun 1984. 8 tahun sebelum saya dilahirkan. Dan saya baru membacanya 29 tahun kemudian :)
Nelly
Apr 05, 2009 Nelly rated it it was amazing
Shelves: kumpulan-cerpen
Inilah buku yang membuat saya jatuh cinta dengan penulisnya. Sebuah kumpulan cerpen yang cerdas dan sangat humanis, bagi saya.

Dengan memakai satu nama tokoh, Sukab, Seno bisa menggambarkan beragam ketidakadilan, kebodohan, dan kelalaian yang dilakukan manusia. Bagi saya kumpulan cerpen ini seperti kenyataan yang difiksikan. Karenanya, saya benar-benar tersentil dengan tulisan-tulisan di dalamnya.
Anggraeni Purfita Sari
wow!
itu kata pertama yang keluar dari mulut saya setelah menyelesaikan buku ini. semua nama tokoh di kumpulan cerpen ini sukab, dan sukab bisa jadi apa saja, dan siapa saja di tangan seorang seno gumira walaupun sepertinya saya belum pernah melihat nama sukab dipakai oleh orang lain di kehidupan nyata, haha
A.Maya Purnamasari
Jan 06, 2008 A.Maya Purnamasari rated it really liked it
Shelves: my-collection
Banyak cerita tentang Sukab, bahkan ada serba serbi sukab: asal usul sukab..
“Kata orang kamu yang namanya Zino Gumiro Azi Darmo? Kata orang kamu yang bikin antologi Dilarang Bersiul Di Kamar Mandi? Kata orang Protagonist semua cerita itu bernama Sukab? Kata orang di semua ceritera itu kamu ngenye’ Sukab?”
Mila Miladia
Mar 13, 2008 Mila Miladia rated it really liked it
Pengarang yang satu ini punya seorang tokoh yang dia selalu andaikan, Sukab namanya… Sukab ini profesinya apa saja…dan bisa jadi apa saja… seperti manusia yang hidup dalam suatu masyarakat.. selalu menarik untuk diikuti… atau mungkinkah kita ini juga pernah menjadi Sukab?
Vivi
Aug 23, 2007 Vivi rated it really liked it
Recommends it for: everyone whoe like SGA's
Sedikit lupa dengan ceritanya. Karena sudah baca bertahun2 yang lalu. Tapi yang sangat gue ingat, semua tokoh dari kumpulan cerita pendek ini adalah "Sukab". Gak tau kenapa dan siapa sebenerya "Sukab" yang membuat Mas SGA sering pake nama itu...Hmmmm interesting....
Anggi Hafiz Al Hakam
Aug 05, 2008 Anggi Hafiz Al Hakam rated it it was amazing
Kita tidak selalu harus pergi ke Paris untuk tahu apa itu bahagia. Dalam salah satu cerpen di buku ini begitulah Seno berkata.
Banyak cerita yang dialami Sukab didalam dunianya. Anehnya, semuanya juga persis seperti yang pernah kita alami di dunia kita.
Rynal may
Apr 03, 2008 Rynal may rated it it was ok
sebenarnya ini cuma kumpulan cerpen dari seno gumira,tapi seno tetaplah seno apapun yang ditulis olehnya tetap selalu menarik dan mengiriskan bagi siapapun yang membacanya
Gamaliel
Sep 27, 2007 Gamaliel rated it really liked it
Recommends it for: pecinta seno
Shelves: sastraindonesia
cerita tentang sukab yang mempertanyakan hidup dan pekerjaannya..... menggugah kita untuk mempertanyakan: UNTUK APA ta, yang selama ini kita lakukan?.....
Rahmadiyanti
Suka Seno, diksinya kuat tapi nggak "ngawang-ngawang". Tapi kumcer yang ini, hmm... nggak terlalu berkesan.
Hasudungan Rudy Yanto  Sitohang (Rudy)
Ketika kesaksian membuatmu tenggelam dalam dunia keserakahan, kebencian, dan manusia-manusia kalah
Lani Thong
Jun 21, 2011 Lani Thong rated it really liked it
Selalu suka dengan gaya menulis SGA, sastra yang lugas dan juga sarat makna.
Reza Firdaus
Sep 22, 2007 Reza Firdaus rated it liked it
Kemahiran SGA melahirkan karakter, karakter yang rumit tetapi sederhana.
Hanif
Oct 23, 2012 Hanif added it
Shelves: malay-indo
just found this book, given by an Indonesian friend. gonna re-read.
kinu triatmojo
Saya suka cerpen Foto Keluarga di kumpulan cerita Dunia Sukab ini.
 Δx Δp ≥ ½ ħ
wew.. satu²nya buku lokal yg dibaca di bulan ini :P
an
Jan 03, 2010 an rated it liked it
sukap benget mang...
semua sukap, n ending na juga sukab
:0
rossi awan
Jan 27, 2008 rossi awan rated it really liked it
taunya malah dari wordpress nya seno. Khas seno bgt.
Ula
Nov 05, 2008 Ula marked it as to-read
This one is also recommended by a friend...
Wikupedia
Jul 22, 2007 Wikupedia rated it it was amazing  ·  review of another edition
saya sampe namain motor saya....sukab!!!!
Wiji Suprayogi
Feb 27, 2011 Wiji Suprayogi rated it liked it
si sukab ni emang ada di mana-mana ....
Ika Anggraeni
Oct 05, 2008 Ika Anggraeni rated it liked it
my less fav piece from Seno
Yenny Rosa
Mar 31, 2010 Yenny Rosa rated it really liked it
Sukab = Suka Banget :)
Fibrina  Damayanthi
Oct 13, 2007 Fibrina Damayanthi rated it really liked it
keren...ada Perempuan Preman
Juno 1101
Sep 24, 2007 Juno 1101 rated it liked it
masih seno banget !!
« previous 1 3 4 5 6 7 8 9 18 19 next »
There are no discussion topics on this book yet. Be the first to start one »
  • Seribu Kunang-kunang di Manhattan (Kumpulan Cerpen Umar Kayam)
  • Adam Ma'rifat
  • Pistol Perdamaian: Cerpen Pilihan Kompas 1996
  • Sepotong Bibir Paling Indah di Dunia
  • Pengarang Telah Mati: Segenggam cerita
  • Derabat: Cerpen Pilihan Kompas 1999
  • Cerita Dari Blora: Kumpulan Cerita Pendek
  • Canting
  • Ripin: Cerpen Kompas Pilihan 2005-2006
  • Lampor: Cerpen Pilihan Kompas 1994
  • Olenka
  • Sampah Bulan Desember: Kumpulan Cerpen
  • Bertanya Kerbau pada Pedati: Kumpulan Cerpen
  • Senyum Karyamin
  • Pohon Pohon Sesawi
  • Waktu Nayla: Cerpen Pilihan Kompas, 2003
  • Kuda Terbang Maria Pinto
512651
Seno Gumira Ajidarma is a writer, photographer, and also a film critic. He writes short stories, novel, even comic book.

He has won numerous national and regional awards as a short-story writer. Also a journalist, he serves as editor of the popular weekly illustrated magazine Jakarta-Jakarta. His piece in this issue is an excerpt from his novel "Jazz, Parfum dan Insiden", published by Yayasan Benta
...more
More about Seno Gumira Ajidarma...

Share This Book