"Aku lagi suka sama seseorang loh.." Ucap Supri kepada Ningsih yang saat itu duduk di sampingnya. Mereka sedang menikmati sejuknya hembusan angin di bawah pohon beringin besar yang ada di belakang kelas mereka. Di hadapan mereka, ada sebongkah e'ek ayam yang masih empuk dan hangat.




"Suka sama siapa, Pri?" Ningsih mengerutkan dahinya.




"Iya.. Dia itu sohib baik aku.. Dia baik, cantik, dan kalo lagi bingung, mukanya lucu.." Kata Supri seraya ngasih kode.




"Hah? Siapa namanya? Kok kamu gak pernah cerita kalo kamu punya sohib selain aku?! Bukannya yang mau deketan sama kamu di sekolah ini cuma aku dan mas tukang kebun ngondek itu?" Ningsih semakin tergiring oleh rasa penasaran. Dia menggaruk-garuk rambutnya sambil sesekali menyeka ketombe yang berguguran di pundak cewek belia itu.




"Hehehe.. Ada dehh.. inisialnya 'N'.." Supri kembali melempar kode yang lebih jelas, dengan harapan Ningsih bisa mengerti.




"OOooOOh.. Jadi kamu lagi jatuh cinta sama Nardi?! Tukang kebun sekolah ini?! OKE! FINE!" Ningsih pun berlalu.. Supri hanya bisa tertunduk lesu sambil mengaduk-ngaduk e'ek ayam di hadapannya dengan penuh rasa kesal.




Mungkin kalian pernah ngalamin dialog kayak di atas. Banyak juga yang udah ngalamin kejadian serupa, dan mungkin terlalu malu untuk mengakuinya. Gue juga kok.. Dan itu wajar banget dilakuin sama orang-orang yang udah terlanjur suka sama seseorang, tapi terlalu takut untuk ngungkapinnya. Dan buat gue, ngungkapin perasaan diem-diem dengan menggunakan inisial itu udah kuno banget. Terus, ngungkapin perasaan pake NoMention di twitter itu juga udah basi. Karena NoMention itu nggak bakal ngebawa kita ke mana-mana, justru malah bikin banyak orang salah sangka.


Nah, karena itulah, gue sekarang mau ngeshare beberapa cara ngungkapin perasaan diem-diem dengan cara yang lebih berkelas. Udah penasaran banget gimana cara ngungkapinnya? Cekidot aja yuk!




Karaoke

Mungkin banyak yang setuju kalo gue bilang karaoke itu adalah curhat yang bernada. So, ngungkapin perasaan pake nyanyi di tempat karaoke itu halal-halal aja buat dilakukan. Ngajakin gebetan ke tempat karaoke, milih lagu-lagu jatuh cinta kayak misalnya, "Janji Suci - Yovie and Nuno", atau "Dari hati - Club 80s", atau bisa juga "Pujaan Hati - Kangen Band",   adalah salah satu trik awal. Ada trik khusus biar kode kita itu bisa diterima dengan baik oleh gebetan.




Penjiwaan.. Ya.. Cara kalian nyanyiin lagunya harus bener-bener dari hati. Lagu-lagu di atas nggak bakal ngefek ke gebetan kalo kalian nyanyinya sambil ngelakuin goyang itik atau push-up. Kalian harus nyanyi sambil menatap dalam-dalam ke arah mata gebetan. Karena, mata itu justru bisa menangkap hal-hal yang nggak mampu diucapkan dengan kata.




Selain karaoke, sebenernya ada lagi cara yang lebih elegan. Yaitu dengan mainin alat musik dan nyanyi secara live di deket si dia. Cara ini, menurut gue sih bakal lebih nancep di hati gebetan. Minimal nyanyiin pake gitar lah. Kalo nggak bisa make gitar, ya make piano.. Kalo nggak bisa make instrumen musik, coba pake Kecrekan. Tapi ati-ati, ntar si dia malah ngasih uang receh.









Pemilihan lagu juga penting banget untuk menyampaikan perasaan kalian ke gebetan. Misal kalian masih sama-sama jomblo, udah lama sahabatan, so, kalian harus milih lagu yang membahas soal temenan yang akhirnya pacaran. Contohnya lagu, "Inginku bukan hanya jadi temanmu - Yovie and Nuno". Kalo kalian suka sama pacar temen, pilih lagu "Dilema - Cherrybelle". Nah, kalo kamu suka sama istri orang, pilih lagu "Ku Tunggu Jandamu - Irwansyah". Tapi, untuk lagu yang terakhir, pastiin kalian nggak nyanyiin tuh lagu di depan suaminya kalo nggak mau pulang dengan keadaan titit terbelah dua.




Puisi

Hari gini emang udah dikit sih, orang yang mau ngungkapin perasaan dengan karya sastra. Meskipun jarang, tapi bukan berarti cara itu udah nggak bisa dipake. Justru kata-kata yang ditulis secara tulus itu malah bisa menyentuh bagian hati orang yang nggak bisa disentuh dengan ucapan lisan.




Nyokap gue pernah bilang, "Cowok itu kelemahannya di mata, sedangkan cewek itu kelemahannya di telinga". Maksudnya, cowok itu gampang luluh hatinya saat melihat cantiknya rupa. Sedangkan cewek itu gampang luluh hatinya saat dibelai dengan kata-kata. Nah, buat kalian yang nggak berani ngomongin soal perasaan langsung kepada gebetan, bisa make cara ini. Yup.. Bikin puisi.. Bikin puisi itu nggak susah loh.. Karena intinya, setiap tulisan yang ditulis pake hati itu punya kekuatan tersendiri. Nggak perlu nyari kata-kata yang indahnya berlebihan untuk merangkainya. Cukup dengan membayangkan sisi-sisi indah dari si dia, dan tuangkan semua keindahan itu dengan pena. Simpel kan? Pasti kalian bisaaaa..




Btw, gue juga suka curhat di puisi. Karena menurut gue, puisi itu adalah cara curhat yang paling elegan. Bisa dinikmati orang lain, tanpa perlu cerita panjang lebar dan menebar kebosanan. Kemarin gue sempet curhat pake puisi juga. Berikut ini puisinya:




Puisi Yang Lelah



Hey.. Letakkan penamu!

Berhentilah menitipkan beban hatimu padaku!

Kebodohanmu, ketakutanmu, penyesalanmu, slalu jadi organ tubuhku.

Seakan-akan aku hanya sebatas tempat sampah penuh tissue basah di pojokan kamarmu.





Kau kira aku tak letih?

Setiap hari kau ciptakan aku dengan merintih.

Kau kira aku tak sedih?

Menggoreskan cerita cintamu yang tertatih.





Aku merindukan saat-saat kau ciptakan aku dengan tawa.

Aku memimpikan tubuhku berisi warna.

Aku ingin sekali ada yang membaca tubuhku dengan tawa..

Bukan wajah-wajah yang bermuram durja.





Berhentilah menangisi wanita.

Sambutlah sisi cerah lain dari dunia.

Usaplah bayang-bayang wanita yang telah menutupi retina.

Karena dia lah yang sudah membuatmu buta.





Sebenarnya, aku tak keberatan saat tubuhku kau isi bait-bait luka..

Asal setidaknya, kau berani menunjukan aku kepadanya..

Aku letih kau jadikan lukisan hitam..

Yang selalu tenggelam di saat malam..





Sudahlah.. Cepatlah pergi dari sini..

Keluarlah, dan sambut mentari pagi..

Lihatlah warna lain yang lebih abadi.

Warna berseri yang bernama Persahabatan sejati.






Nah, dari puisi di atas, kalian bisa nangkep apa? Coba jawab di comment box ya! :D




Percayalah.. Dengan kata-kata, kita bisa saja menguasai dunia.. Masak gak bisa juga buat menguasai hati wanita?! ;)




Kasih Perhatian Khusus

Yang ini agak susah sih. Soalnya perlu lebih banyak tindakan. Nggak cuma kata-kata atau sindiran. Kalian perlu ngelakuin banyak pengorbanan.




Emang perhatian khusus itu yang kayak apa Litt?!




Perhatian khusus itu adalah sebuah perlakuan spesial yang nggak kalian lakuin buat orang lain. Nggak cuma ngechat bilang, "Met pagi! Met siang! Met sore!" atau, "Udah maem? Udah Boker? Udah Mens?" Kebanyakan nanyain keadaannya, bukan bikin dia merasa diperhatiin, tapi malah bikin dia ngerasa dikepoin. Dan di titik itu, kalian udah gagal membuat si dia ngerasa nyaman.




Misalnya bawain dia makanan ke sekolah, atau anter jemput dia ke sekolah, atau bawain dia obat pas dia ngeluh flu. Tapi hal itu harus dilakuin secara rutin, nggak boleh angin-anginan. Kenapa begitu? Karena, kalo kalian ngelakuin hal itu dengan rutin, maka hal itu akan jadi sebuah kebiasaan buat dia. Saat hal itu udah jadi kebiasaan, maka saat kalian berhenti melakukannya, dia bakal merasa kehilangan. Di titik itu, PERHATIAN jadi KEBIASAAN dan endingnya jadi KEBUTUHAN. Saat kalian udah jadi KEBUTUHAN buat dia, bukankah itu udah cukup jadi alasan dia untuk menerima kalian? ;)




Kode Morse

Kalo kalian pengin ngungkapin perasaan dengan cara yang bener-bener beda, coba tunjukin perasaan kalian pake sandi semaphore. Sandi semaphore kan butuh bendera, pastiin benderanya emang bendera kecil yang biasanya buat semaphore. Bukan bendera Slank, apalagi bendera FPI. Kalo gak mau ribet bawa-bawa bendera, kalian lakuin aja pake sandi morse. Gimana caranya ngungkapin pake sandi morse?




Gini.. Kan sandi morse itu cuma ngandelin nada panjang dan pendek kan.. Nah, manfaatin organ tubuh kalian buat nyiptain nada panjang dan pendek itu. Misal pake kentut, atau suara tangan yang dijepit-jepit pake ketek basah. Semoga dengan cara itu, gebetan kalian bisa ngerti kalo kalian nggak waras.




In the end, mau gimana pun cara kalian ngungkapin perasaan, intinya sih lakuin dengan tulus, bukan paksaan. Karena hati itu nggak bisa dipaksa, hati itu cuma perlu diyakinkan saja. :)




Kalo kalian pernah ngungkapin perasaan atau pernah ada orang yang ngungkapin perasaan kalian tidak secara langsung, coba share di comment box ya! :D



 •  flag
0 comments
like  • 
Published on June 14, 2013 07:44 • 42 views

No comments have been added yet.



Alit Susanto's Blog

Alit Susanto
Alit Susanto isn't a Goodreads Author (yet), but he does have a blog, so here are some recent posts imported from his feed.
Follow Alit Susanto's blog with rss.